PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahu...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: SETIASIH , SETIASIH
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13266/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 322 siswa. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 80 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling cara undian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F dan sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 74,039 + 0,450.X1 + 0,482.X2, artinya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh pengelolaan kelas dan media pembelajaran. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pengelolaan kelas berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel pengelolaan kelas sebesar 2,500 sehingga thitung > ttabel atau 2,500 > 1,980 (α = 0,05 ). (2) Media pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel media pembelajaran sebesar 2,940 sehingga thitung > ttabel atau 2,940 > 1,980 (α = 0,05). (3) Pengelolaan kelas dan media pembelajara secara bersama- sama berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 4,798 lebih besar dari Ftabel (3,07) pada taraf signifikasi 5%. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,111, berarti 11,1% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel pengelolaan kelas dan media pembelajaran sisanya sebesar 88,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.