ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL UJIAN SEMESTER AKUNTANSI PERBANKAN DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF DAN RUTINITAS BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUD PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh aspek kognitif yang dimiliki mahasiswa dalam mengerjakan soal ujian semester mata kuliah Akuntansi Perbankan. 2) Untuk mengetahui pengaruh rutinitas belajar mahasiswa dalam menyelesaikan soal ujian semester Akuntansi Perbankan. 3) U...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KURNIAWATI , RINA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13265/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995833600409600
author KURNIAWATI , RINA
author_facet KURNIAWATI , RINA
author_sort KURNIAWATI , RINA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh aspek kognitif yang dimiliki mahasiswa dalam mengerjakan soal ujian semester mata kuliah Akuntansi Perbankan. 2) Untuk mengetahui pengaruh rutinitas belajar mahasiswa dalam menyelesaikan soal ujian semester Akuntansi Perbankan. 3) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan kognitif dan rutinitas belajar yang dimiliki mahasiswa dalam mengerjakan soal ujuan semester mata kuliah Akuntansi Perbankan. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2008/2009 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah total mahasiswa sebanyak 180 orang. Sampel diambil sebanyak 45 mahasiswa dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket,tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, uji R2 dan perhitungan sumbangan relative,sumbangan efektif dan rumus prosentase. Hasil penelitian ini adalah 1) Aspek kognitif berpengaruh positif terhadap kesulitan mengerjakan soal. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,696 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,049. 2)Rutinitas belajar berpengaruh positif terhadap kesulitan mengerjakan soal. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,366 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,071. 3) Aspek kognitif dan Rutinitas Belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kesulitan mahasiswa dalam mengerjakan soal ujian. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 4,394 > 3,220 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel aspek kognitif dan rutinitas belajar terhadap kesulitan mengerjakan soal adalah sebesar 1,8% sedangkan sisanya 98,2% dipengaruhi oleh variabel lain 5) Variabel aspek kognitif memberikan sumbangan efektif 1,33%. Variabel rutinitas belajar memberikan sumbangan efektif 0,47%. Berdasarkan besarnya sumbangan efektif,variabel aspek kognitif memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kesulitan mengerjakan soal dibanding variabel rutinitas belajar.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13265
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13265 https://eprints.ums.ac.id/13265/ ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL UJIAN SEMESTER AKUNTANSI PERBANKAN DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF DAN RUTINITAS BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUD PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2010/2011 KURNIAWATI , RINA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh aspek kognitif yang dimiliki mahasiswa dalam mengerjakan soal ujian semester mata kuliah Akuntansi Perbankan. 2) Untuk mengetahui pengaruh rutinitas belajar mahasiswa dalam menyelesaikan soal ujian semester Akuntansi Perbankan. 3) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan kognitif dan rutinitas belajar yang dimiliki mahasiswa dalam mengerjakan soal ujuan semester mata kuliah Akuntansi Perbankan. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2008/2009 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah total mahasiswa sebanyak 180 orang. Sampel diambil sebanyak 45 mahasiswa dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket,tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, uji R2 dan perhitungan sumbangan relative,sumbangan efektif dan rumus prosentase. Hasil penelitian ini adalah 1) Aspek kognitif berpengaruh positif terhadap kesulitan mengerjakan soal. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,696 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,049. 2)Rutinitas belajar berpengaruh positif terhadap kesulitan mengerjakan soal. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,366 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,071. 3) Aspek kognitif dan Rutinitas Belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kesulitan mahasiswa dalam mengerjakan soal ujian. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 4,394 > 3,220 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel aspek kognitif dan rutinitas belajar terhadap kesulitan mengerjakan soal adalah sebesar 1,8% sedangkan sisanya 98,2% dipengaruhi oleh variabel lain 5) Variabel aspek kognitif memberikan sumbangan efektif 1,33%. Variabel rutinitas belajar memberikan sumbangan efektif 0,47%. Berdasarkan besarnya sumbangan efektif,variabel aspek kognitif memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kesulitan mengerjakan soal dibanding variabel rutinitas belajar. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13265/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13265/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13265/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13265/8/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13265/9/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13265/12/BAB__V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13265/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13265/16/Lampiran.pdf KURNIAWATI , RINA (2011) ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL UJIAN SEMESTER AKUNTANSI PERBANKAN DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF DAN RUTINITAS BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUD PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070088
spellingShingle L Education (General)
KURNIAWATI , RINA
ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL UJIAN SEMESTER AKUNTANSI PERBANKAN DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF DAN RUTINITAS BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUD PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2010/2011
title ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL UJIAN SEMESTER AKUNTANSI PERBANKAN DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF DAN RUTINITAS BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUD PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2010/2011
title_full ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL UJIAN SEMESTER AKUNTANSI PERBANKAN DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF DAN RUTINITAS BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUD PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2010/2011
title_fullStr ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL UJIAN SEMESTER AKUNTANSI PERBANKAN DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF DAN RUTINITAS BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUD PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2010/2011
title_full_unstemmed ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL UJIAN SEMESTER AKUNTANSI PERBANKAN DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF DAN RUTINITAS BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUD PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2010/2011
title_short ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL UJIAN SEMESTER AKUNTANSI PERBANKAN DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF DAN RUTINITAS BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUD PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2010/2011
title_sort analisis kesulitan mahasiswa dalam mengerjakan soal ujian semester akuntansi perbankan ditinjau dari aspek kognitif dan rutinitas belajar pada mahasiswa program stud pendidikan akuntansi universitas muhammadiyah surakarta 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13265/
work_keys_str_mv AT kurniawatirina analisiskesulitanmahasiswadalammengerjakansoalujiansemesterakuntansiperbankanditinjaudariaspekkognitifdanrutinitasbelajarpadamahasiswaprogramstudpendidikanakuntansiuniversitasmuhammadiyahsurakarta20102011