ANALISIS KESULITAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL UJIAN SEMESTER AKUNTANSI PERBANKAN DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF DAN RUTINITAS BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUD PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh aspek kognitif yang dimiliki mahasiswa dalam mengerjakan soal ujian semester mata kuliah Akuntansi Perbankan. 2) Untuk mengetahui pengaruh rutinitas belajar mahasiswa dalam menyelesaikan soal ujian semester Akuntansi Perbankan. 3) U...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: KURNIAWATI , RINA
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2011
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/13265/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh aspek kognitif yang dimiliki mahasiswa dalam mengerjakan soal ujian semester mata kuliah Akuntansi Perbankan. 2) Untuk mengetahui pengaruh rutinitas belajar mahasiswa dalam menyelesaikan soal ujian semester Akuntansi Perbankan. 3) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan kognitif dan rutinitas belajar yang dimiliki mahasiswa dalam mengerjakan soal ujuan semester mata kuliah Akuntansi Perbankan. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2008/2009 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah total mahasiswa sebanyak 180 orang. Sampel diambil sebanyak 45 mahasiswa dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket,tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, uji R2 dan perhitungan sumbangan relative,sumbangan efektif dan rumus prosentase. Hasil penelitian ini adalah 1) Aspek kognitif berpengaruh positif terhadap kesulitan mengerjakan soal. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,696 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,049. 2)Rutinitas belajar berpengaruh positif terhadap kesulitan mengerjakan soal. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,366 > 2,018 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,071. 3) Aspek kognitif dan Rutinitas Belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kesulitan mahasiswa dalam mengerjakan soal ujian. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 4,394 > 3,220 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel aspek kognitif dan rutinitas belajar terhadap kesulitan mengerjakan soal adalah sebesar 1,8% sedangkan sisanya 98,2% dipengaruhi oleh variabel lain 5) Variabel aspek kognitif memberikan sumbangan efektif 1,33%. Variabel rutinitas belajar memberikan sumbangan efektif 0,47%. Berdasarkan besarnya sumbangan efektif,variabel aspek kognitif memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kesulitan mengerjakan soal dibanding variabel rutinitas belajar.