PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) pengaruh media pembelajaran dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah pe...

وصف كامل

محفوظ في:
التفاصيل البيبلوغرافية
المؤلف الرئيسي: PAMUDIANTO, BAYU
التنسيق: أطروحة
اللغة:English
English
English
English
English
English
English
English
منشور في: 2011
الموضوعات:
الوصول للمادة أونلاين:https://eprints.ums.ac.id/13264/
الوسوم: إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
_version_ 1804995833324634112
author PAMUDIANTO, BAYU
author_facet PAMUDIANTO, BAYU
author_sort PAMUDIANTO, BAYU
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) pengaruh media pembelajaran dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP N 2 Delanggu Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 237 siswa. Sampel diambil sebanyak 140 orang siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Media pembelajaran guru mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,532 > 1,977 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,876 > 1,977 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Media pembelajaran guru dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 56,396 > 3,062 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel media pembelajaran guru memberikan sumbangan efektif 18,8%. Variabel keaktifan siswa dalam proses pembelajaran memberikan sumbangan efektif 26,4%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 45,2%, sedangkan 54,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13264
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13264 https://eprints.ums.ac.id/13264/ PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011 PAMUDIANTO, BAYU L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) pengaruh media pembelajaran dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP N 2 Delanggu Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 237 siswa. Sampel diambil sebanyak 140 orang siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Media pembelajaran guru mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,532 > 1,977 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,876 > 1,977 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Media pembelajaran guru dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 56,396 > 3,062 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel media pembelajaran guru memberikan sumbangan efektif 18,8%. Variabel keaktifan siswa dalam proses pembelajaran memberikan sumbangan efektif 26,4%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 45,2%, sedangkan 54,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13264/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13264/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13264/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13264/5/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13264/7/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13264/15/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13264/17/08._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13264/21/09._Lampiran.pdf PAMUDIANTO, BAYU (2011) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210060120
spellingShingle L Education (General)
PAMUDIANTO, BAYU
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort pengaruh media pembelajaran guru dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas viii smp negeri 2 delanggu tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13264/
work_keys_str_mv AT pamudiantobayu pengaruhmediapembelajarangurudankeaktifansiswadalamprosespembelajaranterhadapprestasibelajarekonomipadasiswakelasviiismpnegeri2delanggutahunajaran20102011