PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) pengaruh media pembelajaran dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah pe...
محفوظ في:
المؤلف الرئيسي: | |
---|---|
التنسيق: | أطروحة |
اللغة: | English English English English English English English English |
منشور في: |
2011
|
الموضوعات: | |
الوصول للمادة أونلاين: | https://eprints.ums.ac.id/13264/ |
الوسوم: |
إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
|
_version_ | 1804995833324634112 |
---|---|
author | PAMUDIANTO, BAYU |
author_facet | PAMUDIANTO, BAYU |
author_sort | PAMUDIANTO, BAYU |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh media
pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) pengaruh keaktifan siswa
terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) pengaruh media pembelajaran dan keaktifan
siswa terhadap prestasi belajar ekonomi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini
mengambil lokasi di SMP N 2 Delanggu Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi
dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu
Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 237 siswa. Sampel diambil sebanyak
140 orang siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi
linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain
itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Media pembelajaran guru mempunyai
pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan
uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,532 > 1,977 dan nilai probabilitas signifikansi
< 0,05, yaitu 0,000. 2) Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran mempunyai
pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan
uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,876 > 1,977 dan nilai probabilitas signifikansi
< 0,05, yaitu 0,000. 3) Media pembelajaran guru dan keaktifan siswa dalam proses
pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap
prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0
ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 56,396 > 3,062 dan nilai probabilitas
signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel media pembelajaran guru
memberikan sumbangan efektif 18,8%. Variabel keaktifan siswa dalam proses
pembelajaran memberikan sumbangan efektif 26,4%, jadi total sumbangan efektif
adalah sebesar 45,2%, sedangkan 54,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak diteliti.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13264 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13264 https://eprints.ums.ac.id/13264/ PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011 PAMUDIANTO, BAYU L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) pengaruh media pembelajaran dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP N 2 Delanggu Tahun Ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Delanggu Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 237 siswa. Sampel diambil sebanyak 140 orang siswa dengan teknik propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Media pembelajaran guru mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,532 > 1,977 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,876 > 1,977 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Media pembelajaran guru dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 56,396 > 3,062 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel media pembelajaran guru memberikan sumbangan efektif 18,8%. Variabel keaktifan siswa dalam proses pembelajaran memberikan sumbangan efektif 26,4%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 45,2%, sedangkan 54,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13264/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13264/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13264/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13264/5/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13264/7/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13264/15/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13264/17/08._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13264/21/09._Lampiran.pdf PAMUDIANTO, BAYU (2011) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210060120 |
spellingShingle | L Education (General) PAMUDIANTO, BAYU PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title | PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full | PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_short | PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GURU DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DELANGGU TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_sort | pengaruh media pembelajaran guru dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas viii smp negeri 2 delanggu tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13264/ |
work_keys_str_mv | AT pamudiantobayu pengaruhmediapembelajarangurudankeaktifansiswadalamprosespembelajaranterhadapprestasibelajarekonomipadasiswakelasviiismpnegeri2delanggutahunajaran20102011 |