PENINGKATAN APRESIASI SASTRA TERHADAP NOVEL AYAT-AYAT CINTA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL SINEKTIK BERDASARKAN KURIKULUM KTSP PADA SISWA KELAS XII IPA SMA AL ISLAM I SURAKARTA TAHUN 2008 – 2009
Secara umum penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan apresiasi sastra dengan metode pembelajaran sinektik di SMA Al Islam I Surakarta. Tujuan secara khusus (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra terhadap novel Ayat-Ayat Cinta dengan strategi p...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13167/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995808173490176 |
---|---|
author | PURWANINGSIH , PURWANINGSIH |
author_facet | PURWANINGSIH , PURWANINGSIH |
author_sort | PURWANINGSIH , PURWANINGSIH |
collection | ePrints |
description | Secara umum penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan apresiasi sastra dengan metode pembelajaran sinektik di SMA Al Islam
I Surakarta. Tujuan secara khusus (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran
apresiasi sastra terhadap novel Ayat-Ayat Cinta dengan strategi pembelajaran model
sinektik berdasarkan kurikulum KTSP pada siswa kelas VII IPA 3 SMA Al Islam I
Surakarta. (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan apresiasi sastra terhadap
novel Ayat-Ayat Cinta setelah diterapkannya strategi sinektik.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak
tiga siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan : perencanaan tindakan, pelaksanaan
tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah pengamatan, wawancara, dokumen, dan angket. Teknik analisis data
menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
XII IPA 3 SMA Al Islam I Surakarta. Pelaksanaan berlangsung selama satu semester
mulai bulan Juli 2008 sampai Desember 2008.
Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan : (1) pelaksanaan proses
belajar mengajar dalam pembelajaran apresiasi sastra di kelas XII IPA 3 SMA Al
Islam I Surakarta dapat berjalan secara efektif dan suasana pembelajaran menjadi
lebih hidup setelah diterapkannya metode pembelajaran sinektik. Hal ini ditandai
dengan motivasi dan keaktifan siswa yang semakin meningkat dalam proses belajar
mengajar. (2) Kemampuan apresiasi sastra siswa meningkat, dengan diterapkannya
pembelajaran sinektik, baik peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar maupun
peningkatan nilai reratanya.
Peningkatan jumlah ketuntasan belajar dari siklus I sebesar 47,36%, siklus II
60,52%, dan siklus III sebesar 84,21%. Nilai reratanya pada akhir siklus III mencapai
73,00. Nilai tersebut telah memenuhi batas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang
ditetapkan.
Dari hasil pengamatan proses pembelajaran apresiasi sastra dapat dikatakan
bahwa penggunaan strategi pembelajaran sinektik ternyata dapat meningkatkan
kualitas proses pembelajaran. Pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan pula
kemampuan siswa dalam mengapresiasi sastra. Siswa merasa lebih senang dan
mudah dalam mengapresiasi sastra khususnya novel. Dengan demikian melalui
penelitian ini dapat direkomendasikan bahwa strategi pembelajaran dengan metode sinektik dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran apresiasi
sastra khususnya novel di SMA Al Islam I Surakarta.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13167 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13167 https://eprints.ums.ac.id/13167/ PENINGKATAN APRESIASI SASTRA TERHADAP NOVEL AYAT-AYAT CINTA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL SINEKTIK BERDASARKAN KURIKULUM KTSP PADA SISWA KELAS XII IPA SMA AL ISLAM I SURAKARTA TAHUN 2008 – 2009 PURWANINGSIH , PURWANINGSIH P Philology. Linguistics Secara umum penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan apresiasi sastra dengan metode pembelajaran sinektik di SMA Al Islam I Surakarta. Tujuan secara khusus (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra terhadap novel Ayat-Ayat Cinta dengan strategi pembelajaran model sinektik berdasarkan kurikulum KTSP pada siswa kelas VII IPA 3 SMA Al Islam I Surakarta. (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan apresiasi sastra terhadap novel Ayat-Ayat Cinta setelah diterapkannya strategi sinektik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan : perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengamatan, wawancara, dokumen, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 3 SMA Al Islam I Surakarta. Pelaksanaan berlangsung selama satu semester mulai bulan Juli 2008 sampai Desember 2008. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan : (1) pelaksanaan proses belajar mengajar dalam pembelajaran apresiasi sastra di kelas XII IPA 3 SMA Al Islam I Surakarta dapat berjalan secara efektif dan suasana pembelajaran menjadi lebih hidup setelah diterapkannya metode pembelajaran sinektik. Hal ini ditandai dengan motivasi dan keaktifan siswa yang semakin meningkat dalam proses belajar mengajar. (2) Kemampuan apresiasi sastra siswa meningkat, dengan diterapkannya pembelajaran sinektik, baik peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajar maupun peningkatan nilai reratanya. Peningkatan jumlah ketuntasan belajar dari siklus I sebesar 47,36%, siklus II 60,52%, dan siklus III sebesar 84,21%. Nilai reratanya pada akhir siklus III mencapai 73,00. Nilai tersebut telah memenuhi batas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan. Dari hasil pengamatan proses pembelajaran apresiasi sastra dapat dikatakan bahwa penggunaan strategi pembelajaran sinektik ternyata dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan pula kemampuan siswa dalam mengapresiasi sastra. Siswa merasa lebih senang dan mudah dalam mengapresiasi sastra khususnya novel. Dengan demikian melalui penelitian ini dapat direkomendasikan bahwa strategi pembelajaran dengan metode sinektik dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran apresiasi sastra khususnya novel di SMA Al Islam I Surakarta. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13167/1/Halaman_Depan__Judul_Tesis.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13167/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13167/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13167/7/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13167/9/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13167/11/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13167/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13167/20/Lampiran-Lampiran.pdf PURWANINGSIH , PURWANINGSIH (2011) PENINGKATAN APRESIASI SASTRA TERHADAP NOVEL AYAT-AYAT CINTA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL SINEKTIK BERDASARKAN KURIKULUM KTSP PADA SISWA KELAS XII IPA SMA AL ISLAM I SURAKARTA TAHUN 2008 – 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. S200060047 |
spellingShingle | P Philology. Linguistics PURWANINGSIH , PURWANINGSIH PENINGKATAN APRESIASI SASTRA TERHADAP NOVEL AYAT-AYAT CINTA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL SINEKTIK BERDASARKAN KURIKULUM KTSP PADA SISWA KELAS XII IPA SMA AL ISLAM I SURAKARTA TAHUN 2008 – 2009 |
title | PENINGKATAN APRESIASI SASTRA TERHADAP NOVEL AYAT-AYAT CINTA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL SINEKTIK BERDASARKAN
KURIKULUM KTSP PADA SISWA KELAS XII IPA SMA AL ISLAM I SURAKARTA TAHUN 2008 – 2009 |
title_full | PENINGKATAN APRESIASI SASTRA TERHADAP NOVEL AYAT-AYAT CINTA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL SINEKTIK BERDASARKAN
KURIKULUM KTSP PADA SISWA KELAS XII IPA SMA AL ISLAM I SURAKARTA TAHUN 2008 – 2009 |
title_fullStr | PENINGKATAN APRESIASI SASTRA TERHADAP NOVEL AYAT-AYAT CINTA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL SINEKTIK BERDASARKAN
KURIKULUM KTSP PADA SISWA KELAS XII IPA SMA AL ISLAM I SURAKARTA TAHUN 2008 – 2009 |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN APRESIASI SASTRA TERHADAP NOVEL AYAT-AYAT CINTA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL SINEKTIK BERDASARKAN
KURIKULUM KTSP PADA SISWA KELAS XII IPA SMA AL ISLAM I SURAKARTA TAHUN 2008 – 2009 |
title_short | PENINGKATAN APRESIASI SASTRA TERHADAP NOVEL AYAT-AYAT CINTA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN MODEL SINEKTIK BERDASARKAN
KURIKULUM KTSP PADA SISWA KELAS XII IPA SMA AL ISLAM I SURAKARTA TAHUN 2008 – 2009 |
title_sort | peningkatan apresiasi sastra terhadap novel ayat ayat cinta dengan strategi pembelajaran model sinektik berdasarkan kurikulum ktsp pada siswa kelas xii ipa sma al islam i surakarta tahun 2008 2009 |
topic | P Philology. Linguistics |
url | https://eprints.ums.ac.id/13167/ |
work_keys_str_mv | AT purwaningsihpurwaningsih peningkatanapresiasisastraterhadapnovelayatayatcintadenganstrategipembelajaranmodelsinektikberdasarkankurikulumktsppadasiswakelasxiiipasmaalislamisurakartatahun20082009 |