UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS V SDN I MANYARAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran Cooperative Learning dengan strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri I Manyaran Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan...
-д хадгалсан:
Үндсэн зохиолч: | |
---|---|
Формат: | Дипломын ажил |
Хэл сонгох: | English English English English English English English English |
Хэвлэсэн: |
2011
|
Нөхцлүүд: | |
Онлайн хандалт: | https://eprints.ums.ac.id/13166/ |
Шошгууд: |
Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
|
Тойм: | Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran Cooperative
Learning dengan strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS
siswa kelas V SD Negeri I Manyaran Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun
Pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil
belajar IPS materi mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui metode index
card match. Peneliti berkolaborasi dengan guru kelas V sebagai guru mitra.
Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri I Manyaran Kecamatan
Karanggede Kabupaten Boyolali. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian terdiri dari 3
siklus. Tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik
analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif yaitu dengan cara
menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil
penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata penilaian hasil belajar
siswa yaitu : pra tindakan 56,4 siklus I 62,1 siklus II 70,5 siklus III 79,5.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
Kooperatif Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V
SDN I Manyaran tahun pelajaran 2010/2011. |
---|