UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS V SDN I MANYARAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran Cooperative Learning dengan strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri I Manyaran Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan...

Description complète

Enregistré dans:
Détails bibliographiques
Auteur principal: WARDANI , IDA BAYU
Format: Thèse
Langue:English
English
English
English
English
English
English
English
Publié: 2011
Sujets:
Accès en ligne:https://eprints.ums.ac.id/13166/
Tags: Ajouter un tag
Pas de tags, Soyez le premier à ajouter un tag!
Description
Résumé:Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran Cooperative Learning dengan strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri I Manyaran Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui metode index card match. Peneliti berkolaborasi dengan guru kelas V sebagai guru mitra. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri I Manyaran Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian terdiri dari 3 siklus. Tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata penilaian hasil belajar siswa yaitu : pra tindakan 56,4 siklus I 62,1 siklus II 70,5 siklus III 79,5. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN I Manyaran tahun pelajaran 2010/2011.