UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS V SDN I MANYARAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran Cooperative Learning dengan strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri I Manyaran Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan...
সংরক্ষণ করুন:
প্রধান লেখক: | |
---|---|
বিন্যাস: | গবেষণাপত্র |
ভাষা: | English English English English English English English English |
প্রকাশিত: |
2011
|
বিষয়গুলি: | |
অনলাইন ব্যবহার করুন: | https://eprints.ums.ac.id/13166/ |
ট্যাগগুলো: |
ট্যাগ যুক্ত করুন
কোনো ট্যাগ নেই, প্রথমজন হিসাবে ট্যাগ করুন!
|
সংক্ষিপ্ত: | Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran Cooperative
Learning dengan strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS
siswa kelas V SD Negeri I Manyaran Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun
Pelajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil
belajar IPS materi mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui metode index
card match. Peneliti berkolaborasi dengan guru kelas V sebagai guru mitra.
Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri I Manyaran Kecamatan
Karanggede Kabupaten Boyolali. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Prosedur dalam penelitian terdiri dari 3
siklus. Tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik
analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif yaitu dengan cara
menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil
penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata penilaian hasil belajar
siswa yaitu : pra tindakan 56,4 siklus I 62,1 siklus II 70,5 siklus III 79,5.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
Kooperatif Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V
SDN I Manyaran tahun pelajaran 2010/2011. |
---|