PENGARUH STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD NEGERI I SINGOPURAN TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Adanya pengaruh pengunaan strategi pembelajaran Index Card Match dan Two Stay Two Stray terhadap prestasi belajar, (2) Prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi index card match lebih baik dibandingkan dengan strategi...
Đã lưu trong:
Tác giả chính: | |
---|---|
Định dạng: | Luận văn |
Ngôn ngữ: | English English English English English English English English |
Được phát hành: |
2011
|
Những chủ đề: | |
Truy cập trực tuyến: | https://eprints.ums.ac.id/13164/ |
Các nhãn: |
Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
|
_version_ | 1804995807356649472 |
---|---|
author | MAYASARI , VINDA |
author_facet | MAYASARI , VINDA |
author_sort | MAYASARI , VINDA |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Adanya pengaruh
pengunaan strategi pembelajaran Index Card Match dan Two Stay Two Stray
terhadap prestasi belajar, (2) Prestasi belajar siswa yang diajar dengan
menggunakan strategi index card match lebih baik dibandingkan dengan strategi
two stay two stray. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD
N I Singopuran Kartasura, yang berjumlah 60 siswa yang terdiri dari IIIA
berjumlah 30 siswa dikenai strateggi Index Card Match dan IIIB berjumlah 30
siswa yang dikenai strategi Two Stay Two Stray. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah metode tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah t-tes, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan
metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas.
Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) Terdapat
perbedaan prestasi belajar matematika antara strategi pembelajaran index card
match dengan strategi pembelajaran two stay two stray, dengan uji t diperoleh
thitung = 2,328. (2) Prestasi belajar matematika siswa yang dikenai strategi
pembelajaran index card match lebih baik jika dibandingkan dengan strategi
pembelajaran two stay two stray. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata
prestasi belajar matematika kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13164 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13164 https://eprints.ums.ac.id/13164/ PENGARUH STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD NEGERI I SINGOPURAN TAHUN AJARAN 2010/2011 MAYASARI , VINDA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Adanya pengaruh pengunaan strategi pembelajaran Index Card Match dan Two Stay Two Stray terhadap prestasi belajar, (2) Prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi index card match lebih baik dibandingkan dengan strategi two stay two stray. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD N I Singopuran Kartasura, yang berjumlah 60 siswa yang terdiri dari IIIA berjumlah 30 siswa dikenai strateggi Index Card Match dan IIIB berjumlah 30 siswa yang dikenai strategi Two Stay Two Stray. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-tes, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara strategi pembelajaran index card match dengan strategi pembelajaran two stay two stray, dengan uji t diperoleh thitung = 2,328. (2) Prestasi belajar matematika siswa yang dikenai strategi pembelajaran index card match lebih baik jika dibandingkan dengan strategi pembelajaran two stay two stray. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata prestasi belajar matematika kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13164/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13164/2/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13164/3/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13164/4/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13164/5/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13164/7/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13164/9/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13164/11/9._LAMPIRAN.pdf MAYASARI , VINDA (2011) PENGARUH STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD NEGERI I SINGOPURAN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070241 |
spellingShingle | L Education (General) MAYASARI , VINDA PENGARUH STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD NEGERI I SINGOPURAN TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title | PENGARUH STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD NEGERI I SINGOPURAN TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full | PENGARUH STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD NEGERI I SINGOPURAN TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | PENGARUH STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD NEGERI I SINGOPURAN TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | PENGARUH STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD NEGERI I SINGOPURAN TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_short | PENGARUH STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD NEGERI I SINGOPURAN TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_sort | pengaruh strategi index card match dan two stay two stray terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas 3 sd negeri i singopuran tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13164/ |
work_keys_str_mv | AT mayasarivinda pengaruhstrategiindexcardmatchdantwostaytwostrayterhadapprestasibelajarmatematikasiswakelas3sdnegeriisingopurantahunajaran20102011 |