PENGARUH STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD NEGERI I SINGOPURAN TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Adanya pengaruh pengunaan strategi pembelajaran Index Card Match dan Two Stay Two Stray terhadap prestasi belajar, (2) Prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi index card match lebih baik dibandingkan dengan strategi...

Ausführliche Beschreibung

Gespeichert in:
Bibliographische Detailangaben
1. Verfasser: MAYASARI , VINDA
Format: Abschlussarbeit
Sprache:English
English
English
English
English
English
English
English
Veröffentlicht: 2011
Schlagworte:
Online Zugang:https://eprints.ums.ac.id/13164/
Tags: Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
Beschreibung
Zusammenfassung:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Adanya pengaruh pengunaan strategi pembelajaran Index Card Match dan Two Stay Two Stray terhadap prestasi belajar, (2) Prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi index card match lebih baik dibandingkan dengan strategi two stay two stray. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD N I Singopuran Kartasura, yang berjumlah 60 siswa yang terdiri dari IIIA berjumlah 30 siswa dikenai strateggi Index Card Match dan IIIB berjumlah 30 siswa yang dikenai strategi Two Stay Two Stray. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-tes, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% diperoleh bahwa: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara strategi pembelajaran index card match dengan strategi pembelajaran two stay two stray, dengan uji t diperoleh thitung = 2,328. (2) Prestasi belajar matematika siswa yang dikenai strategi pembelajaran index card match lebih baik jika dibandingkan dengan strategi pembelajaran two stay two stray. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata prestasi belajar matematika kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol.