PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SD NEGERI GEMOLONG 4 TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan nilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi pembelajaran Question Student Have. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kel...
Sparad:
Huvudupphovsman: | |
---|---|
Materialtyp: | Lärdomsprov |
Språk: | English English English English English English English English |
Publicerad: |
2011
|
Ämnen: | |
Länkar: | https://eprints.ums.ac.id/13163/ |
Taggar: |
Lägg till en tagg
Inga taggar, Lägg till första taggen!
|
_version_ | 1804995807082971136 |
---|---|
author | ARINI , YUNITA CATUR |
author_facet | ARINI , YUNITA CATUR |
author_sort | ARINI , YUNITA CATUR |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan
peningkatan nilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi
pembelajaran Question Student Have. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah
PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas
VB SD Negeri Gemolong 4 yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA
pada pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya. Hal ini dapat dilihat dari 1) aktif
mengajukan pertanyaan pada putaran I sebesar 09,10 %, pada putaran II sebesar
36,36 %, di akhir putaran mencapai 54,54 %, 2) aktif menjawab pertanyaan dari
guru pada putaran I sebesar 13,63 %, pada putaran II sebesar 27,27 %, di akhir
putaran mencapai 47,62 %, serta 3) nilai hasil belajar meningkat atau nilai > 70
pada putaran I sebesar 09,10 %, pada putaran II sebesar 31,82 %, di akhir putaran
mencapai 61,90 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sesudah penelitian
menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Hasil belajar siswa
pada putaran I mencapai daya serap 09,10 %, pada putaran II mencapai daya serap
31,82 % sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap
61,90 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Question
Student Have dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa
sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13163 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13163 https://eprints.ums.ac.id/13163/ PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SD NEGERI GEMOLONG 4 TAHUN AJARAN 2010/2011 ARINI , YUNITA CATUR L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan nilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi pembelajaran Question Student Have. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VB SD Negeri Gemolong 4 yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya. Hal ini dapat dilihat dari 1) aktif mengajukan pertanyaan pada putaran I sebesar 09,10 %, pada putaran II sebesar 36,36 %, di akhir putaran mencapai 54,54 %, 2) aktif menjawab pertanyaan dari guru pada putaran I sebesar 13,63 %, pada putaran II sebesar 27,27 %, di akhir putaran mencapai 47,62 %, serta 3) nilai hasil belajar meningkat atau nilai > 70 pada putaran I sebesar 09,10 %, pada putaran II sebesar 31,82 %, di akhir putaran mencapai 61,90 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Hasil belajar siswa pada putaran I mencapai daya serap 09,10 %, pada putaran II mencapai daya serap 31,82 % sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap 61,90 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Question Student Have dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13163/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13163/2/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13163/4/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13163/5/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13163/8/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13163/10/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13163/11/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13163/13/9._LAMPIRAN.pdf ARINI , YUNITA CATUR (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SD NEGERI GEMOLONG 4 TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070224 |
spellingShingle | L Education (General) ARINI , YUNITA CATUR PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SD NEGERI GEMOLONG 4 TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SD NEGERI GEMOLONG 4 TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SD NEGERI GEMOLONG 4 TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SD NEGERI GEMOLONG 4 TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SD NEGERI GEMOLONG 4 TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_short | PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SD NEGERI GEMOLONG 4 TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_sort | penerapan strategi pembelajaran question student have untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas vb sd negeri gemolong 4 tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13163/ |
work_keys_str_mv | AT ariniyunitacatur penerapanstrategipembelajaranquestionstudenthaveuntukmeningkatkanhasilbelajaripasiswakelasvbsdnegerigemolong4tahunajaran20102011 |