PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SD NEGERI GEMOLONG 4 TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan nilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi pembelajaran Question Student Have. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kel...
-д хадгалсан:
Үндсэн зохиолч: | |
---|---|
Формат: | Дипломын ажил |
Хэл сонгох: | English English English English English English English English |
Хэвлэсэн: |
2011
|
Нөхцлүүд: | |
Онлайн хандалт: | https://eprints.ums.ac.id/13163/ |
Шошгууд: |
Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
|
Тойм: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan
peningkatan nilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi
pembelajaran Question Student Have. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah
PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas
VB SD Negeri Gemolong 4 yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA
pada pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya. Hal ini dapat dilihat dari 1) aktif
mengajukan pertanyaan pada putaran I sebesar 09,10 %, pada putaran II sebesar
36,36 %, di akhir putaran mencapai 54,54 %, 2) aktif menjawab pertanyaan dari
guru pada putaran I sebesar 13,63 %, pada putaran II sebesar 27,27 %, di akhir
putaran mencapai 47,62 %, serta 3) nilai hasil belajar meningkat atau nilai > 70
pada putaran I sebesar 09,10 %, pada putaran II sebesar 31,82 %, di akhir putaran
mencapai 61,90 %. Hasil tes tertulis yang dilakukan sesudah penelitian
menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Hasil belajar siswa
pada putaran I mencapai daya serap 09,10 %, pada putaran II mencapai daya serap
31,82 % sedangkan di akhir tindakan prestasi belajar siswa mencapai daya serap
61,90 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Question
Student Have dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa
sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.
|
---|