USAHA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI JATIBATUR 2 GEMOLONG SRAGEN

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Jatibatur 2 Gemolong Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing. Subyek dalam penelitian ini adalah...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: HANDAYANI , RIANA
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13162/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Jatibatur 2 Gemolong Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Setelah diterapkan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing diperoleh hasil yaitu ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama dengan 65 sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (40%), siklus I sebanyak 14 siswa (70 %), siklus II sebanyak 18 siswa (90 %). Siklus dihentikan karena hasil yang diperoleh siswa telah mencapai target yang diinginkan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Jatibatur 2 Gemolong Sragen tahun pelajaran 2010/2011.