USAHA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI JATIBATUR 2 GEMOLONG SRAGEN
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Jatibatur 2 Gemolong Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing. Subyek dalam penelitian ini adalah...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13162/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada
siswa kelas V SD Negeri Jatibatur 2 Gemolong Sragen tahun ajaran 2010/2011.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan strategi
pembelajaran Active Knowledge Sharing. Subyek dalam penelitian ini adalah guru
dan siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua
siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Data hasil belajar siswa diperoleh
dari hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar
siswa. Setelah diterapkan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing diperoleh
hasil yaitu ada peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat nilai lebih dari sama
dengan 65 sebelum tindakan sebanyak 8 siswa (40%), siklus I sebanyak 14 siswa (70
%), siklus II sebanyak 18 siswa (90 %). Siklus dihentikan karena hasil yang
diperoleh siswa telah mencapai target yang diinginkan. Berdasarkan hasil penelitian,
dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat
meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Jatibatur 2 Gemolong
Sragen tahun pelajaran 2010/2011. |
---|