PENGARUH KEMANDIRIAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI PUCANGAN 03 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitia ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika kelas V SD, di SDN Pucangan 03. Dalam penelitian ini responden diambil siswa kelas V SDN pucangan sebanyak 36 siswa. Alat pengumpulan data dalam peneli...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Prawita , Ayurisky
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13161/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995806539808768
author Prawita , Ayurisky
author_facet Prawita , Ayurisky
author_sort Prawita , Ayurisky
collection ePrints
description Penelitia ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika kelas V SD, di SDN Pucangan 03. Dalam penelitian ini responden diambil siswa kelas V SDN pucangan sebanyak 36 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data kemandirian dan motivasi belajar, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Hasil uji t untuk variabel (X1) menunjukan bahwa variabel tingkat pendidikanmemiliki tx1= 3,464 > 2,035 sehingga kesimpulan nya ada pengaruh yang signifikan antara variabel kemandirian terhadap prestasi belajar matematika secara parsial. Untuk variabel X2 hasil uji tx2 = 3,170 > 2,035 sehinga terdapat pengaruh signifikan antara variabel motivasi terhadap prestasi belajar matematika secara parsial. (2) uji F memperoleh nilai Fhitung sebesar 15,097 dan Ftabel sebesar taraf signifikasi 5% atau Fhitung > F tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simulan variabel kemandirian belajar (X1)dan motivasi belajar(X2) terhadap prestasi belajar matematika (Y). Untuk uji R2 diperoleh angka sebesar 0,478% artinya bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan prestasi belajar sebesar 4,78% dan sisanya 52,2% dipengaruhi oleh variabel lain.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13161
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13161 https://eprints.ums.ac.id/13161/ PENGARUH KEMANDIRIAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI PUCANGAN 03 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011 Prawita , Ayurisky L Education (General) Penelitia ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika kelas V SD, di SDN Pucangan 03. Dalam penelitian ini responden diambil siswa kelas V SDN pucangan sebanyak 36 siswa. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data kemandirian dan motivasi belajar, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Hasil uji t untuk variabel (X1) menunjukan bahwa variabel tingkat pendidikanmemiliki tx1= 3,464 > 2,035 sehingga kesimpulan nya ada pengaruh yang signifikan antara variabel kemandirian terhadap prestasi belajar matematika secara parsial. Untuk variabel X2 hasil uji tx2 = 3,170 > 2,035 sehinga terdapat pengaruh signifikan antara variabel motivasi terhadap prestasi belajar matematika secara parsial. (2) uji F memperoleh nilai Fhitung sebesar 15,097 dan Ftabel sebesar taraf signifikasi 5% atau Fhitung > F tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simulan variabel kemandirian belajar (X1)dan motivasi belajar(X2) terhadap prestasi belajar matematika (Y). Untuk uji R2 diperoleh angka sebesar 0,478% artinya bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan prestasi belajar sebesar 4,78% dan sisanya 52,2% dipengaruhi oleh variabel lain. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13161/1/02_HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13161/3/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13161/4/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13161/6/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13161/8/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13161/14/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13161/15/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13161/19/09_LAMPIRAN.pdf Prawita , Ayurisky (2011) PENGARUH KEMANDIRIAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI PUCANGAN 03 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070196
spellingShingle L Education (General)
Prawita , Ayurisky
PENGARUH KEMANDIRIAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI PUCANGAN 03 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENGARUH KEMANDIRIAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI PUCANGAN 03 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENGARUH KEMANDIRIAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI PUCANGAN 03 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENGARUH KEMANDIRIAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI PUCANGAN 03 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENGARUH KEMANDIRIAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI PUCANGAN 03 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENGARUH KEMANDIRIAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI PUCANGAN 03 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort pengaruh kemandirian dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas v sd negeri pucangan 03 kartasura tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13161/
work_keys_str_mv AT prawitaayurisky pengaruhkemandiriandanmotivasibelajarterhadapprestasibelajarmatematikasiswakelasvsdnegeripucangan03kartasuratahunajaran20102011