PENGARUH KEMANDIRIAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI PUCANGAN 03 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitia ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika kelas V SD, di SDN Pucangan 03. Dalam penelitian ini responden diambil siswa kelas V SDN pucangan sebanyak 36 siswa. Alat pengumpulan data dalam peneli...
Wedi'i Gadw mewn:
Prif Awdur: | |
---|---|
Fformat: | Traethawd Ymchwil |
Iaith: | English English English English English English English English |
Cyhoeddwyd: |
2011
|
Pynciau: | |
Mynediad Ar-lein: | https://eprints.ums.ac.id/13161/ |
Tagiau: |
Ychwanegu Tag
Dim Tagiau, Byddwch y cyntaf i dagio'r cofnod hwn!
|
Crynodeb: | Penelitia ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika
kelas V SD, di SDN Pucangan 03. Dalam penelitian ini responden diambil siswa
kelas V SDN pucangan sebanyak 36 siswa.
Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket
dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data
kemandirian dan motivasi belajar, sedangkan metode dokumentasi digunakan
untuk mengumpulkan data prestasi belajar.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Hasil uji t untuk
variabel (X1) menunjukan bahwa variabel tingkat pendidikanmemiliki tx1= 3,464
> 2,035 sehingga kesimpulan nya ada pengaruh yang signifikan antara variabel
kemandirian terhadap prestasi belajar matematika secara parsial. Untuk variabel
X2 hasil uji tx2 = 3,170 > 2,035 sehinga terdapat pengaruh signifikan antara
variabel motivasi terhadap prestasi belajar matematika secara parsial. (2) uji F
memperoleh nilai Fhitung sebesar 15,097 dan Ftabel sebesar taraf signifikasi 5% atau
Fhitung > F tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara simulan variabel
kemandirian belajar (X1)dan motivasi belajar(X2) terhadap prestasi belajar
matematika (Y). Untuk uji R2
diperoleh angka sebesar 0,478% artinya bahwa
prestasi belajar dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan prestasi belajar sebesar
4,78% dan sisanya 52,2% dipengaruhi oleh variabel lain. |
---|