STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe the Power of Two dan dengan menggunakan metode pembelajaran CTL, (2) Untuk mengetahui manakah yang memberikan hasil belajar...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/13160/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
_version_ | 1804995806266130432 |
---|---|
author | RACHMAWATI, FINA LAILY |
author_facet | RACHMAWATI, FINA LAILY |
author_sort | RACHMAWATI, FINA LAILY |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
IPA siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan metode pembelajaran
kooperatif tipe the Power of Two dan dengan menggunakan metode pembelajaran
CTL, (2) Untuk mengetahui manakah yang memberikan hasil belajar IPA lebih
baik, penggunaan metode pembelajaran The Power Of Two atau metode
pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)?
Jenis penelitian ini adalah penelitian True Eksperiment dengan Rancangan
Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa
kelas IV SD N 6 Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Jumlah sampel 42 siswa
yang dibagi menjadi dua kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode dokumentasi.
Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa adalah tes
pilihan ganda. Untuk uji pendahuluan yaitu uji keseimbangan menggunakan uji t,
dan sebagai prasyarat uji t adalah uji normalitas menggunakan uji kolmogorov
smirnov, dan uji homogenitas menggunakan independent t-test.
Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t, prasyarat analisis
menggunalan kolmogorov smirnov untuk uji normalitas, uji homogenitas
menggunakan uji independent t-test, dengan taraf signifikansi (α) = 5%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan
hasil belajar IPA siswa dengan metode pembelajaran The Power Of Two dengan
metode Contextual Teaching And Learning (CTL) terbukti dengan nilai p-value
sebesar 0,018, (2) Hasil belajar IPA siswa dengan metode pembelajaran The
Power of Two lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar IPA siswa dengan
metode pembelajaran CTL terbukti dengan nilai rata-rata kelompok The Power of
Two sebesar 16,00 dan kelompok CTL sebesar 14,70. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13160 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13160 https://eprints.ums.ac.id/13160/ STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011 RACHMAWATI, FINA LAILY L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe the Power of Two dan dengan menggunakan metode pembelajaran CTL, (2) Untuk mengetahui manakah yang memberikan hasil belajar IPA lebih baik, penggunaan metode pembelajaran The Power Of Two atau metode pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)? Jenis penelitian ini adalah penelitian True Eksperiment dengan Rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD N 6 Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Jumlah sampel 42 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa adalah tes pilihan ganda. Untuk uji pendahuluan yaitu uji keseimbangan menggunakan uji t, dan sebagai prasyarat uji t adalah uji normalitas menggunakan uji kolmogorov smirnov, dan uji homogenitas menggunakan independent t-test. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t, prasyarat analisis menggunalan kolmogorov smirnov untuk uji normalitas, uji homogenitas menggunakan uji independent t-test, dengan taraf signifikansi (α) = 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa dengan metode pembelajaran The Power Of Two dengan metode Contextual Teaching And Learning (CTL) terbukti dengan nilai p-value sebesar 0,018, (2) Hasil belajar IPA siswa dengan metode pembelajaran The Power of Two lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar IPA siswa dengan metode pembelajaran CTL terbukti dengan nilai rata-rata kelompok The Power of Two sebesar 16,00 dan kelompok CTL sebesar 14,70. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13160/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13160/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13160/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13160/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13160/9/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13160/11/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13160/13/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13160/15/Halaman_Lampiran.pdf RACHMAWATI, FINA LAILY (2011) STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070175 |
spellingShingle | L Education (General) RACHMAWATI, FINA LAILY STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011 |
title | STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011 |
title_full | STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011 |
title_fullStr | STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011 |
title_short | STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011 |
title_sort | studi perbandingan antara penggunaan metode contextual teaching and learning ctl dengan metode the power of two terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas iv sdn 6 sragen 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13160/ |
work_keys_str_mv | AT rachmawatifinalaily studiperbandinganantarapenggunaanmetodecontextualteachingandlearningctldenganmetodethepoweroftwoterhadaphasilbelajaripapadasiswakelasivsdn6sragen20102011 |