STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe the Power of Two dan dengan menggunakan metode pembelajaran CTL, (2) Untuk mengetahui manakah yang memberikan hasil belajar...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RACHMAWATI, FINA LAILY
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13160/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995806266130432
author RACHMAWATI, FINA LAILY
author_facet RACHMAWATI, FINA LAILY
author_sort RACHMAWATI, FINA LAILY
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe the Power of Two dan dengan menggunakan metode pembelajaran CTL, (2) Untuk mengetahui manakah yang memberikan hasil belajar IPA lebih baik, penggunaan metode pembelajaran The Power Of Two atau metode pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)? Jenis penelitian ini adalah penelitian True Eksperiment dengan Rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD N 6 Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Jumlah sampel 42 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa adalah tes pilihan ganda. Untuk uji pendahuluan yaitu uji keseimbangan menggunakan uji t, dan sebagai prasyarat uji t adalah uji normalitas menggunakan uji kolmogorov smirnov, dan uji homogenitas menggunakan independent t-test. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t, prasyarat analisis menggunalan kolmogorov smirnov untuk uji normalitas, uji homogenitas menggunakan uji independent t-test, dengan taraf signifikansi (α) = 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa dengan metode pembelajaran The Power Of Two dengan metode Contextual Teaching And Learning (CTL) terbukti dengan nilai p-value sebesar 0,018, (2) Hasil belajar IPA siswa dengan metode pembelajaran The Power of Two lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar IPA siswa dengan metode pembelajaran CTL terbukti dengan nilai rata-rata kelompok The Power of Two sebesar 16,00 dan kelompok CTL sebesar 14,70.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13160
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13160 https://eprints.ums.ac.id/13160/ STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011 RACHMAWATI, FINA LAILY L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diberi pengajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe the Power of Two dan dengan menggunakan metode pembelajaran CTL, (2) Untuk mengetahui manakah yang memberikan hasil belajar IPA lebih baik, penggunaan metode pembelajaran The Power Of Two atau metode pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)? Jenis penelitian ini adalah penelitian True Eksperiment dengan Rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD N 6 Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Jumlah sampel 42 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa adalah tes pilihan ganda. Untuk uji pendahuluan yaitu uji keseimbangan menggunakan uji t, dan sebagai prasyarat uji t adalah uji normalitas menggunakan uji kolmogorov smirnov, dan uji homogenitas menggunakan independent t-test. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t, prasyarat analisis menggunalan kolmogorov smirnov untuk uji normalitas, uji homogenitas menggunakan uji independent t-test, dengan taraf signifikansi (α) = 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa dengan metode pembelajaran The Power Of Two dengan metode Contextual Teaching And Learning (CTL) terbukti dengan nilai p-value sebesar 0,018, (2) Hasil belajar IPA siswa dengan metode pembelajaran The Power of Two lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar IPA siswa dengan metode pembelajaran CTL terbukti dengan nilai rata-rata kelompok The Power of Two sebesar 16,00 dan kelompok CTL sebesar 14,70. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13160/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13160/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13160/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13160/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13160/9/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13160/11/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13160/13/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13160/15/Halaman_Lampiran.pdf RACHMAWATI, FINA LAILY (2011) STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070175
spellingShingle L Education (General)
RACHMAWATI, FINA LAILY
STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011
title STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011
title_full STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011
title_fullStr STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011
title_full_unstemmed STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011
title_short STUDI PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 6 SRAGEN 2010/2011
title_sort studi perbandingan antara penggunaan metode contextual teaching and learning ctl dengan metode the power of two terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas iv sdn 6 sragen 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13160/
work_keys_str_mv AT rachmawatifinalaily studiperbandinganantarapenggunaanmetodecontextualteachingandlearningctldenganmetodethepoweroftwoterhadaphasilbelajaripapadasiswakelasivsdn6sragen20102011