PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ”OPERASI HITUNG PECAHAN” MELALUI METODE EVALUASI KECAKAPAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA SISWA KELAS IV SD N 2 TRUCUK KLATEN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Evaluasi kecakapan dalam memecahkan masalah.Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa ke...
Gardado en:
Autor Principal: | |
---|---|
Formato: | Thesis |
Idioma: | English English English English English English English English |
Publicado: |
2011
|
Subjects: | |
Acceso en liña: | https://eprints.ums.ac.id/13159/ |
Tags: |
Engadir etiqueta
Sen Etiquetas, Sexa o primeiro en etiquetar este rexistro!
|
_version_ | 1804995805993500672 |
---|---|
author | NURHAYATI, KHOTIMAH |
author_facet | NURHAYATI, KHOTIMAH |
author_sort | NURHAYATI, KHOTIMAH |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Evaluasi
kecakapan dalam memecahkan masalah.Jenis penelitian pada penelitian ini adalah
PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV
SD Negeri Trucuk 2 klaten yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan
secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan
adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada
materi operasi hitung pecahan. Berdasarkan data tes siklus I setelah pelaksanaan
tindakan dari 32 siswa kelas IV yang mengikuti pembelajaran Matematika dengan
penerapan metode evaluasi kecakapan dalam memecahkan masalah, nilai rata-rata
72,34 sebanyak 24 siswa atau 75 % siswa mampu mencapai standar KKM (65).
Hasil tes siklus II setelah pelaksanaan tindakan, dari 32 siswa kelas IV yang
mengikuti pelajaran Matematika dengan penerapan metode evaluasi kecakapan
dalam memecahkan masalah nilai rata-rata 78,75 atau 28 siswa atau 87,5 % siswa
telah memenuhi kreteria ketuntasan siswa. Sedangkan hasil observasi siklus I,
secara individu diketahui bahwa kinerja siswa dalam penerapan metode evaluasi
kecakapan dalam memecahkan masalah adalah 75 % sudah baik, 20 %
menunjukkan sedang, dan hanya 5 % yang masih dalam taraf kurang. Sedangkan
berdasarkan observasi siklus II, secara individu diketahui bahwa kinerja siswa
dalam penerapan metode evaluasi kecakapan dalam memecahkan masalah adalah
89,4 % sudah baik dan 10,6 % dalam taraf sedang, kemudian secara kelompok
kinerja siswa dalam penerapan metode evaluasi kecakapan dalam memecahkan
masalah adalah 90 % sudah baik dan 10 % sedang. Dengan hasil yang telah
dicapai pada siklus II di mana telah memenuhi indikator keberhasilan maka
penelitian ini dianggap telah berhasil sehingga tidak perlu dilakukan siklus
berikutnya. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
menggunakan metode evaluasi kecakapan dalam memecahkan masalah dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika SDN
2,Trucuk, Klaten Semester II Tahun Pelajaran 2010/2011. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13159 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13159 https://eprints.ums.ac.id/13159/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ”OPERASI HITUNG PECAHAN” MELALUI METODE EVALUASI KECAKAPAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA SISWA KELAS IV SD N 2 TRUCUK KLATEN NURHAYATI, KHOTIMAH L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Evaluasi kecakapan dalam memecahkan masalah.Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Trucuk 2 klaten yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi operasi hitung pecahan. Berdasarkan data tes siklus I setelah pelaksanaan tindakan dari 32 siswa kelas IV yang mengikuti pembelajaran Matematika dengan penerapan metode evaluasi kecakapan dalam memecahkan masalah, nilai rata-rata 72,34 sebanyak 24 siswa atau 75 % siswa mampu mencapai standar KKM (65). Hasil tes siklus II setelah pelaksanaan tindakan, dari 32 siswa kelas IV yang mengikuti pelajaran Matematika dengan penerapan metode evaluasi kecakapan dalam memecahkan masalah nilai rata-rata 78,75 atau 28 siswa atau 87,5 % siswa telah memenuhi kreteria ketuntasan siswa. Sedangkan hasil observasi siklus I, secara individu diketahui bahwa kinerja siswa dalam penerapan metode evaluasi kecakapan dalam memecahkan masalah adalah 75 % sudah baik, 20 % menunjukkan sedang, dan hanya 5 % yang masih dalam taraf kurang. Sedangkan berdasarkan observasi siklus II, secara individu diketahui bahwa kinerja siswa dalam penerapan metode evaluasi kecakapan dalam memecahkan masalah adalah 89,4 % sudah baik dan 10,6 % dalam taraf sedang, kemudian secara kelompok kinerja siswa dalam penerapan metode evaluasi kecakapan dalam memecahkan masalah adalah 90 % sudah baik dan 10 % sedang. Dengan hasil yang telah dicapai pada siklus II di mana telah memenuhi indikator keberhasilan maka penelitian ini dianggap telah berhasil sehingga tidak perlu dilakukan siklus berikutnya. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode evaluasi kecakapan dalam memecahkan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika SDN 2,Trucuk, Klaten Semester II Tahun Pelajaran 2010/2011. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13159/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13159/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13159/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13159/8/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13159/9/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13159/12/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13159/14/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13159/16/Halaman_Lampiran.pdf NURHAYATI, KHOTIMAH (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ”OPERASI HITUNG PECAHAN” MELALUI METODE EVALUASI KECAKAPAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA SISWA KELAS IV SD N 2 TRUCUK KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070151 |
spellingShingle | L Education (General) NURHAYATI, KHOTIMAH PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ”OPERASI HITUNG PECAHAN” MELALUI METODE EVALUASI KECAKAPAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA SISWA KELAS IV SD N 2 TRUCUK KLATEN |
title | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ”OPERASI HITUNG PECAHAN” MELALUI METODE EVALUASI KECAKAPAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA SISWA KELAS IV SD N 2 TRUCUK KLATEN |
title_full | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ”OPERASI HITUNG PECAHAN” MELALUI METODE EVALUASI KECAKAPAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA SISWA KELAS IV SD N 2 TRUCUK KLATEN |
title_fullStr | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ”OPERASI HITUNG PECAHAN” MELALUI METODE EVALUASI KECAKAPAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA SISWA KELAS IV SD N 2 TRUCUK KLATEN |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ”OPERASI HITUNG PECAHAN” MELALUI METODE EVALUASI KECAKAPAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA SISWA KELAS IV SD N 2 TRUCUK KLATEN |
title_short | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ”OPERASI HITUNG PECAHAN” MELALUI METODE EVALUASI KECAKAPAN DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA SISWA KELAS IV SD N 2 TRUCUK KLATEN |
title_sort | peningkatan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung pecahan melalui metode evaluasi kecakapan dalam memecahkan masalah pada siswa kelas iv sd n 2 trucuk klaten |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13159/ |
work_keys_str_mv | AT nurhayatikhotimah peningkatanhasilbelajarmatematikapadamaterioperasihitungpecahanmelaluimetodeevaluasikecakapandalammemecahkanmasalahpadasiswakelasivsdn2trucukklaten |