UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V MATERI GAYA MAGNET SDN 2 TLOBONG DELANGGU
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Tlobong Delanggu yang be...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13158/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam
pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS).
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan
adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Tlobong Delanggu yang berjumlah 13 siswa.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, review, tes
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa
dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa: a) mendengarkan
penjelasan guru, sebelum tindakan 30,7%, setelah tindakan 92,3%, b) mengajukan
pertanyaan, sebelum tindakan 15,3%, setelah tindakan 76,9%, c) menanggapi
pertanyaan yang diajukan guru atau teman lain, sebelum tindakan 23,07%, setelah
tindakan 84,6%, d) mengemukakan ide/gagasan, sebelum tindakan 15,3%, setelah
tindakan 76,9%, e) menyelesaikan tugas atau mengerjakan soal, sebelum tindakan
46,1%, setelah tindakan 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatakan aktivitas
siswa dalam pembelajaran IPA sehingga berdampak pada hasil belajar.
|
---|