UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR TOKOH KARTUN IDOLA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI NGARUM 2 KABUPATEN SRAGEN
Penelitian ini mengangkat masalah mengenai peningkatan keterampilan menulis puisi melalui media gambar tokoh kartun idola pada siswa kelas V SD N Ngarum 2 Kabupaten Sragen. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan keterampilan menulis puisi dengan penerapan media gambar pada siswa kelas V SD...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13157/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995805440901120 |
---|---|
author | WATI , TRISNA AMBAR |
author_facet | WATI , TRISNA AMBAR |
author_sort | WATI , TRISNA AMBAR |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini mengangkat masalah mengenai peningkatan keterampilan
menulis puisi melalui media gambar tokoh kartun idola pada siswa kelas V SD N
Ngarum 2 Kabupaten Sragen. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan
keterampilan menulis puisi dengan penerapan media gambar pada siswa kelas V SD
N Ngarum 2 dan mendiskripsikan keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis puis
dengan media gambar tokoh kartun idola pada siswa kelas V SD N Ngarum 2.
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sasaran
tindakan aspek kognitif dan aspek afektif siswa dalam menulis puisi pada siswa
kelas V SD N Ngarum 2 yang berjumlah 25 siswa. Data penelitian ini berupa
tindakan yang dilakukan guru dan kata-kata yang dihasilkan siswa. Sumber data
adalah siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi
wawancara, dan tes. Uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber data
yaitu untuk mengecek kembali informasi yang diperoleh dari observasi dan
wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif kualitati
yaitu dengan menganalisi data perkembangan keterampilan menulis puisi dari sikluis
I sampai siklus III.
Hasil penelitian yang dilakukan dalam meningkatkan ketrampilan menulis
puisi dilakukan pada siklus I hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan
namun masih kurang maksimal yaitu sebesar 67,92(15 siswa yang mencapa
ketuntasan dan 10 siswa belum mencapai KKM 70,00) serta nilai rata-rata afekti
siswa 14,72, Siklus II hasil belajar siswa mencapai 83,8 (19 siswa mencapa
ketuntasan dan 7 siswa yang masih dibawah KKM) serta nilai rata-rata afektif siswa
mencapai 19,28, Siklus III yang dilakukan untuk memaksimalkan dan meningkatkan
keterampilan menulis puisi siswa yaitu hasil belajar siswa mencapai 88,24 dengan
KKM 70,00 serta nilai rata-rata afektif siswa mencapai 23,24. Dengan demikian, peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan
media gambar pada siswa kelas V SD N Ngarum 2 dapat dikatakan berhasil, hal ini
terbukti adanya peningkatan keterampilan menulis puisi siswa di setiap siklusnya
dengan pencapaian nilai sesuai KKM yang telah ditentukan. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13157 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13157 https://eprints.ums.ac.id/13157/ UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR TOKOH KARTUN IDOLA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI NGARUM 2 KABUPATEN SRAGEN WATI , TRISNA AMBAR L Education (General) Penelitian ini mengangkat masalah mengenai peningkatan keterampilan menulis puisi melalui media gambar tokoh kartun idola pada siswa kelas V SD N Ngarum 2 Kabupaten Sragen. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan keterampilan menulis puisi dengan penerapan media gambar pada siswa kelas V SD N Ngarum 2 dan mendiskripsikan keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis puis dengan media gambar tokoh kartun idola pada siswa kelas V SD N Ngarum 2. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sasaran tindakan aspek kognitif dan aspek afektif siswa dalam menulis puisi pada siswa kelas V SD N Ngarum 2 yang berjumlah 25 siswa. Data penelitian ini berupa tindakan yang dilakukan guru dan kata-kata yang dihasilkan siswa. Sumber data adalah siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara, dan tes. Uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber data yaitu untuk mengecek kembali informasi yang diperoleh dari observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif kualitati yaitu dengan menganalisi data perkembangan keterampilan menulis puisi dari sikluis I sampai siklus III. Hasil penelitian yang dilakukan dalam meningkatkan ketrampilan menulis puisi dilakukan pada siklus I hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan namun masih kurang maksimal yaitu sebesar 67,92(15 siswa yang mencapa ketuntasan dan 10 siswa belum mencapai KKM 70,00) serta nilai rata-rata afekti siswa 14,72, Siklus II hasil belajar siswa mencapai 83,8 (19 siswa mencapa ketuntasan dan 7 siswa yang masih dibawah KKM) serta nilai rata-rata afektif siswa mencapai 19,28, Siklus III yang dilakukan untuk memaksimalkan dan meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa yaitu hasil belajar siswa mencapai 88,24 dengan KKM 70,00 serta nilai rata-rata afektif siswa mencapai 23,24. Dengan demikian, peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan media gambar pada siswa kelas V SD N Ngarum 2 dapat dikatakan berhasil, hal ini terbukti adanya peningkatan keterampilan menulis puisi siswa di setiap siklusnya dengan pencapaian nilai sesuai KKM yang telah ditentukan. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13157/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13157/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13157/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13157/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13157/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13157/9/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13157/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13157/18/LAMPIRAN.pdf WATI , TRISNA AMBAR (2011) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR TOKOH KARTUN IDOLA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI NGARUM 2 KABUPATEN SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070122 |
spellingShingle | L Education (General) WATI , TRISNA AMBAR UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR TOKOH KARTUN IDOLA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI NGARUM 2 KABUPATEN SRAGEN |
title | UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR TOKOH KARTUN IDOLA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI NGARUM 2 KABUPATEN SRAGEN |
title_full | UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR TOKOH KARTUN IDOLA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI NGARUM 2 KABUPATEN SRAGEN |
title_fullStr | UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR TOKOH KARTUN IDOLA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI NGARUM 2 KABUPATEN SRAGEN |
title_full_unstemmed | UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR TOKOH KARTUN IDOLA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI NGARUM 2 KABUPATEN SRAGEN |
title_short | UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR TOKOH KARTUN IDOLA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI NGARUM 2 KABUPATEN SRAGEN |
title_sort | upaya meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui media gambar tokoh kartun idola pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas v sd negeri ngarum 2 kabupaten sragen |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13157/ |
work_keys_str_mv | AT watitrisnaambar upayameningkatkanketerampilanmenulispuisimelaluimediagambartokohkartunidolapadamatapelajaranbahasaindonesiakelasvsdnegeringarum2kabupatensragen |