UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR TOKOH KARTUN IDOLA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI NGARUM 2 KABUPATEN SRAGEN

Penelitian ini mengangkat masalah mengenai peningkatan keterampilan menulis puisi melalui media gambar tokoh kartun idola pada siswa kelas V SD N Ngarum 2 Kabupaten Sragen. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan keterampilan menulis puisi dengan penerapan media gambar pada siswa kelas V SD...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WATI , TRISNA AMBAR
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13157/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini mengangkat masalah mengenai peningkatan keterampilan menulis puisi melalui media gambar tokoh kartun idola pada siswa kelas V SD N Ngarum 2 Kabupaten Sragen. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan keterampilan menulis puisi dengan penerapan media gambar pada siswa kelas V SD N Ngarum 2 dan mendiskripsikan keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis puis dengan media gambar tokoh kartun idola pada siswa kelas V SD N Ngarum 2. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sasaran tindakan aspek kognitif dan aspek afektif siswa dalam menulis puisi pada siswa kelas V SD N Ngarum 2 yang berjumlah 25 siswa. Data penelitian ini berupa tindakan yang dilakukan guru dan kata-kata yang dihasilkan siswa. Sumber data adalah siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara, dan tes. Uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber data yaitu untuk mengecek kembali informasi yang diperoleh dari observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif kualitati yaitu dengan menganalisi data perkembangan keterampilan menulis puisi dari sikluis I sampai siklus III. Hasil penelitian yang dilakukan dalam meningkatkan ketrampilan menulis puisi dilakukan pada siklus I hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan namun masih kurang maksimal yaitu sebesar 67,92(15 siswa yang mencapa ketuntasan dan 10 siswa belum mencapai KKM 70,00) serta nilai rata-rata afekti siswa 14,72, Siklus II hasil belajar siswa mencapai 83,8 (19 siswa mencapa ketuntasan dan 7 siswa yang masih dibawah KKM) serta nilai rata-rata afektif siswa mencapai 19,28, Siklus III yang dilakukan untuk memaksimalkan dan meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa yaitu hasil belajar siswa mencapai 88,24 dengan KKM 70,00 serta nilai rata-rata afektif siswa mencapai 23,24. Dengan demikian, peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan media gambar pada siswa kelas V SD N Ngarum 2 dapat dikatakan berhasil, hal ini terbukti adanya peningkatan keterampilan menulis puisi siswa di setiap siklusnya dengan pencapaian nilai sesuai KKM yang telah ditentukan.