UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR TOKOH KARTUN IDOLA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI NGARUM 2 KABUPATEN SRAGEN
Penelitian ini mengangkat masalah mengenai peningkatan keterampilan menulis puisi melalui media gambar tokoh kartun idola pada siswa kelas V SD N Ngarum 2 Kabupaten Sragen. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan keterampilan menulis puisi dengan penerapan media gambar pada siswa kelas V SD...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13157/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini mengangkat masalah mengenai peningkatan keterampilan
menulis puisi melalui media gambar tokoh kartun idola pada siswa kelas V SD N
Ngarum 2 Kabupaten Sragen. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan
keterampilan menulis puisi dengan penerapan media gambar pada siswa kelas V SD
N Ngarum 2 dan mendiskripsikan keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis puis
dengan media gambar tokoh kartun idola pada siswa kelas V SD N Ngarum 2.
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sasaran
tindakan aspek kognitif dan aspek afektif siswa dalam menulis puisi pada siswa
kelas V SD N Ngarum 2 yang berjumlah 25 siswa. Data penelitian ini berupa
tindakan yang dilakukan guru dan kata-kata yang dihasilkan siswa. Sumber data
adalah siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi
wawancara, dan tes. Uji validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber data
yaitu untuk mengecek kembali informasi yang diperoleh dari observasi dan
wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif kualitati
yaitu dengan menganalisi data perkembangan keterampilan menulis puisi dari sikluis
I sampai siklus III.
Hasil penelitian yang dilakukan dalam meningkatkan ketrampilan menulis
puisi dilakukan pada siklus I hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan
namun masih kurang maksimal yaitu sebesar 67,92(15 siswa yang mencapa
ketuntasan dan 10 siswa belum mencapai KKM 70,00) serta nilai rata-rata afekti
siswa 14,72, Siklus II hasil belajar siswa mencapai 83,8 (19 siswa mencapa
ketuntasan dan 7 siswa yang masih dibawah KKM) serta nilai rata-rata afektif siswa
mencapai 19,28, Siklus III yang dilakukan untuk memaksimalkan dan meningkatkan
keterampilan menulis puisi siswa yaitu hasil belajar siswa mencapai 88,24 dengan
KKM 70,00 serta nilai rata-rata afektif siswa mencapai 23,24. Dengan demikian, peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan
media gambar pada siswa kelas V SD N Ngarum 2 dapat dikatakan berhasil, hal ini
terbukti adanya peningkatan keterampilan menulis puisi siswa di setiap siklusnya
dengan pencapaian nilai sesuai KKM yang telah ditentukan. |
---|