PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH GEMOLONG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar yang sesuai. Metode simulasi sangat tepat dalam membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Hal tersebut menarik untuk dikaji dalam bentuk penilaian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tinda...

Popoln opis

Shranjeno v:
Bibliografske podrobnosti
Glavni avtor: LIANAWATI, LIANAWATI
Format: Thesis
Jezik:English
English
English
English
English
English
English
English
Izdano: 2011
Teme:
Online dostop:https://eprints.ums.ac.id/13156/
Oznake: Označite
Brez oznak, prvi označite!
Opis
Izvleček:Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar yang sesuai. Metode simulasi sangat tepat dalam membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Hal tersebut menarik untuk dikaji dalam bentuk penilaian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V MI Muhammadiyah Gemolong yang berjumlah 17 siswa. Adapun prosedur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan menjawab hipotesis penelitian yaitu: Metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar PKn dengan materi kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V semester II MI Muhammadiyah Gemolong Kecamatan Gondangrejo tahun pelajaran 2011. Di buktikan dengan hasil analisis data rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dari hasil pembelajaran siklus I 70% yang tuntas belajar pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 94%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar PKn.