PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH GEMOLONG TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar yang sesuai. Metode simulasi sangat tepat dalam membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Hal tersebut menarik untuk dikaji dalam bentuk penilaian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tinda...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13156/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus dapat memilih dan menggunakan
beberapa metode mengajar yang sesuai. Metode simulasi sangat tepat dalam
membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Hal tersebut menarik untuk
dikaji dalam bentuk penilaian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas V yang membantu
pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V MI
Muhammadiyah Gemolong yang berjumlah 17 siswa. Adapun prosedur penelitian
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian mampu
menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan menjawab hipotesis
penelitian yaitu: Metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar PKn dengan
materi kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V semester II MI
Muhammadiyah Gemolong Kecamatan Gondangrejo tahun pelajaran 2011. Di
buktikan dengan hasil analisis data rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dari
hasil pembelajaran siklus I 70% yang tuntas belajar pada siklus II ketuntasan hasil
belajar siswa meningkat menjadi 94%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa
penerapan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar PKn. |
---|