PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KELOMPOK BENDA BERDASARKAN ASALNYA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS - ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 MACANAN TAHUN 2010 / 2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Macanan pada mata pelajaran IPA pokok bahasan kelompok benda berdasarkan asalnya melalui penerapan metode pembelajaran Student Teams - Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini merupakan Penelitia...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RUMINA , ALIS
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13155/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995804892495872
author RUMINA , ALIS
author_facet RUMINA , ALIS
author_sort RUMINA , ALIS
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Macanan pada mata pelajaran IPA pokok bahasan kelompok benda berdasarkan asalnya melalui penerapan metode pembelajaran Student Teams - Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini aindalah siswa kelas IV sebanyak 28 siswa yang terdiri 12 anak laki-laki dan 16 anak perempuan tahun pelajaran 2010 / 2011. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, metode observasi, metode wawancara, dan metode tes. Dari hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut: pada pra tindakan diperoleh hasil 42,86% untuk ketuntasan secara keseluruhan dengan rata-rata kognitif siswa 53,75. Pada tindakan tiap siklus mengalami peningkatan yang cukup baik. Siklus pertama ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan menjadi 67,86% dengan rata-rata kognitif siswa meningkat menjadi 66,96. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan meningkat cukup signifikan menjadi 89,29% dengan rata-rata meningkat menjadi 80,35. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Student Teams - Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Macanan pada pokok bahasan kelompok benda berdasarkan asalnya. Meskipun ada beberapa siswa yang belum tuntas secara keseluruhan, namun hasil penelitian lebih dari 80% siswa tuntas dalam belajar.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13155
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13155 https://eprints.ums.ac.id/13155/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KELOMPOK BENDA BERDASARKAN ASALNYA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS - ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 MACANAN TAHUN 2010 / 2011 RUMINA , ALIS L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Macanan pada mata pelajaran IPA pokok bahasan kelompok benda berdasarkan asalnya melalui penerapan metode pembelajaran Student Teams - Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini aindalah siswa kelas IV sebanyak 28 siswa yang terdiri 12 anak laki-laki dan 16 anak perempuan tahun pelajaran 2010 / 2011. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, metode observasi, metode wawancara, dan metode tes. Dari hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut: pada pra tindakan diperoleh hasil 42,86% untuk ketuntasan secara keseluruhan dengan rata-rata kognitif siswa 53,75. Pada tindakan tiap siklus mengalami peningkatan yang cukup baik. Siklus pertama ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan menjadi 67,86% dengan rata-rata kognitif siswa meningkat menjadi 66,96. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan meningkat cukup signifikan menjadi 89,29% dengan rata-rata meningkat menjadi 80,35. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Student Teams - Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Macanan pada pokok bahasan kelompok benda berdasarkan asalnya. Meskipun ada beberapa siswa yang belum tuntas secara keseluruhan, namun hasil penelitian lebih dari 80% siswa tuntas dalam belajar. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13155/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13155/3/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13155/4/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13155/7/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13155/9/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13155/11/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13155/13/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13155/15/9._LAMPIRAN.pdf RUMINA , ALIS (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KELOMPOK BENDA BERDASARKAN ASALNYA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS - ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 MACANAN TAHUN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070103
spellingShingle L Education (General)
RUMINA , ALIS
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KELOMPOK BENDA BERDASARKAN ASALNYA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS - ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 MACANAN TAHUN 2010 / 2011
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KELOMPOK BENDA BERDASARKAN ASALNYA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS - ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 MACANAN TAHUN 2010 / 2011
title_full PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KELOMPOK BENDA BERDASARKAN ASALNYA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS - ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 MACANAN TAHUN 2010 / 2011
title_fullStr PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KELOMPOK BENDA BERDASARKAN ASALNYA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS - ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 MACANAN TAHUN 2010 / 2011
title_full_unstemmed PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KELOMPOK BENDA BERDASARKAN ASALNYA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS - ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 MACANAN TAHUN 2010 / 2011
title_short PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KELOMPOK BENDA BERDASARKAN ASALNYA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS - ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 MACANAN TAHUN 2010 / 2011
title_sort peningkatan hasil belajar ipa pokok bahasan kelompok benda berdasarkan asalnya melalui penerapan metode pembelajaran student teams achievement divisions stad pada siswa kelas iv sd negeri 02 macanan tahun 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13155/
work_keys_str_mv AT ruminaalis peningkatanhasilbelajaripapokokbahasankelompokbendaberdasarkanasalnyamelaluipenerapanmetodepembelajaranstudentteamsachievementdivisionsstadpadasiswakelasivsdnegeri02macanantahun20102011