PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KELOMPOK BENDA BERDASARKAN ASALNYA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS - ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 MACANAN TAHUN 2010 / 2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Macanan pada mata pelajaran IPA pokok bahasan kelompok benda berdasarkan asalnya melalui penerapan metode pembelajaran Student Teams - Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini merupakan Penelitia...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13155/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995804892495872 |
---|---|
author | RUMINA , ALIS |
author_facet | RUMINA , ALIS |
author_sort | RUMINA , ALIS |
collection | ePrints |
description |
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD
Negeri 02 Macanan pada mata pelajaran IPA pokok bahasan kelompok benda
berdasarkan asalnya melalui penerapan metode pembelajaran Student Teams -
Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan
Kelas dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian
ini aindalah siswa kelas IV sebanyak 28 siswa yang terdiri 12 anak laki-laki dan
16 anak perempuan tahun pelajaran 2010 / 2011. Metode pengumpulan data yang
dilakukan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, metode observasi,
metode wawancara, dan metode tes. Dari hasil penelitian diperoleh data sebagai
berikut: pada pra tindakan diperoleh hasil 42,86% untuk ketuntasan secara
keseluruhan dengan rata-rata kognitif siswa 53,75. Pada tindakan tiap siklus
mengalami peningkatan yang cukup baik. Siklus pertama ketuntasan belajar siswa
secara keseluruhan menjadi 67,86% dengan rata-rata kognitif siswa meningkat
menjadi 66,96. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan
meningkat cukup signifikan menjadi 89,29% dengan rata-rata meningkat menjadi
80,35. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran
Student Teams - Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas IV SD Negeri 02 Macanan pada pokok bahasan kelompok benda
berdasarkan asalnya. Meskipun ada beberapa siswa yang belum tuntas secara
keseluruhan, namun hasil penelitian lebih dari 80% siswa tuntas dalam belajar. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13155 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13155 https://eprints.ums.ac.id/13155/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KELOMPOK BENDA BERDASARKAN ASALNYA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS - ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 MACANAN TAHUN 2010 / 2011 RUMINA , ALIS L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Macanan pada mata pelajaran IPA pokok bahasan kelompok benda berdasarkan asalnya melalui penerapan metode pembelajaran Student Teams - Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini aindalah siswa kelas IV sebanyak 28 siswa yang terdiri 12 anak laki-laki dan 16 anak perempuan tahun pelajaran 2010 / 2011. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, metode observasi, metode wawancara, dan metode tes. Dari hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut: pada pra tindakan diperoleh hasil 42,86% untuk ketuntasan secara keseluruhan dengan rata-rata kognitif siswa 53,75. Pada tindakan tiap siklus mengalami peningkatan yang cukup baik. Siklus pertama ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan menjadi 67,86% dengan rata-rata kognitif siswa meningkat menjadi 66,96. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan meningkat cukup signifikan menjadi 89,29% dengan rata-rata meningkat menjadi 80,35. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Student Teams - Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Macanan pada pokok bahasan kelompok benda berdasarkan asalnya. Meskipun ada beberapa siswa yang belum tuntas secara keseluruhan, namun hasil penelitian lebih dari 80% siswa tuntas dalam belajar. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13155/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13155/3/3._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13155/4/4._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13155/7/5._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13155/9/6._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13155/11/7._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13155/13/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13155/15/9._LAMPIRAN.pdf RUMINA , ALIS (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KELOMPOK BENDA BERDASARKAN ASALNYA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS - ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 MACANAN TAHUN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070103 |
spellingShingle | L Education (General) RUMINA , ALIS PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KELOMPOK BENDA BERDASARKAN ASALNYA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS - ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 MACANAN TAHUN 2010 / 2011 |
title | PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KELOMPOK BENDA BERDASARKAN ASALNYA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN
STUDENT TEAMS - ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 MACANAN TAHUN 2010 / 2011 |
title_full | PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KELOMPOK BENDA BERDASARKAN ASALNYA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN
STUDENT TEAMS - ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 MACANAN TAHUN 2010 / 2011 |
title_fullStr | PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KELOMPOK BENDA BERDASARKAN ASALNYA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN
STUDENT TEAMS - ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 MACANAN TAHUN 2010 / 2011 |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KELOMPOK BENDA BERDASARKAN ASALNYA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN
STUDENT TEAMS - ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 MACANAN TAHUN 2010 / 2011 |
title_short | PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN KELOMPOK BENDA BERDASARKAN ASALNYA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN
STUDENT TEAMS - ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 02 MACANAN TAHUN 2010 / 2011 |
title_sort | peningkatan hasil belajar ipa pokok bahasan kelompok benda berdasarkan asalnya melalui penerapan metode pembelajaran student teams achievement divisions stad pada siswa kelas iv sd negeri 02 macanan tahun 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13155/ |
work_keys_str_mv | AT ruminaalis peningkatanhasilbelajaripapokokbahasankelompokbendaberdasarkanasalnyamelaluipenerapanmetodepembelajaranstudentteamsachievementdivisionsstadpadasiswakelasivsdnegeri02macanantahun20102011 |