PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTEK BERPASANGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KOPERASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI GABUS 3 KECAMATAN NGRAMPAL KABUPATEN SRAGEN (Tahun Ajaran 2010 / 2011)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) tentang koperasi pada mata pelajaran IPS. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Gabus 3 yang berjumlah 16 siswa. Metode pen...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KUSMIATI , YULI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13154/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995804618817536
author KUSMIATI , YULI
author_facet KUSMIATI , YULI
author_sort KUSMIATI , YULI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) tentang koperasi pada mata pelajaran IPS. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Gabus 3 yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, tes. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik triangulasi sumber adalah teknik pengumpulan data yang sejenis untuk memberikan kebenaran untuk memperoleh kepercayaan terhadap suatu data dengan membandingkan data yang diperoleh dari sumber yang berbeda yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Triangulasi metode digunakan untuk mengumpulkan data yang sejenis tetapi menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda misalnya observasi, dokumentasi, tes, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah bersifat deskriptif kualitatif yang dianalisis melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau veriikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS tentang koperasi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yang sebelumnya pada kondisi awal hanya 57,81%. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 67,19% (mengalami peningkatan sebesar 9,38%). Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 81,56% (mengalami peningkatan 14,37%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang koperasi.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13154
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13154 https://eprints.ums.ac.id/13154/ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTEK BERPASANGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KOPERASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI GABUS 3 KECAMATAN NGRAMPAL KABUPATEN SRAGEN (Tahun Ajaran 2010 / 2011) KUSMIATI , YULI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) tentang koperasi pada mata pelajaran IPS. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Gabus 3 yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, tes. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik triangulasi sumber adalah teknik pengumpulan data yang sejenis untuk memberikan kebenaran untuk memperoleh kepercayaan terhadap suatu data dengan membandingkan data yang diperoleh dari sumber yang berbeda yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Triangulasi metode digunakan untuk mengumpulkan data yang sejenis tetapi menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda misalnya observasi, dokumentasi, tes, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah bersifat deskriptif kualitatif yang dianalisis melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau veriikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS tentang koperasi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yang sebelumnya pada kondisi awal hanya 57,81%. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 67,19% (mengalami peningkatan sebesar 9,38%). Pada siklus II hasil belajar yang dicapai sebesar 81,56% (mengalami peningkatan 14,37%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang koperasi. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13154/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13154/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13154/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13154/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13154/7/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13154/8/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13154/9/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13154/12/Halaman_Lampiran.pdf KUSMIATI , YULI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTEK BERPASANGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KOPERASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI GABUS 3 KECAMATAN NGRAMPAL KABUPATEN SRAGEN (Tahun Ajaran 2010 / 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070089
spellingShingle L Education (General)
KUSMIATI , YULI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTEK BERPASANGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KOPERASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI GABUS 3 KECAMATAN NGRAMPAL KABUPATEN SRAGEN (Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTEK BERPASANGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KOPERASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI GABUS 3 KECAMATAN NGRAMPAL KABUPATEN SRAGEN (Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title_full PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTEK BERPASANGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KOPERASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI GABUS 3 KECAMATAN NGRAMPAL KABUPATEN SRAGEN (Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title_fullStr PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTEK BERPASANGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KOPERASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI GABUS 3 KECAMATAN NGRAMPAL KABUPATEN SRAGEN (Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title_full_unstemmed PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTEK BERPASANGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KOPERASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI GABUS 3 KECAMATAN NGRAMPAL KABUPATEN SRAGEN (Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title_short PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTEK BERPASANGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KOPERASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI GABUS 3 KECAMATAN NGRAMPAL KABUPATEN SRAGEN (Tahun Ajaran 2010 / 2011)
title_sort penerapan model pembelajaran practice rehearsal pairs praktek berpasangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang koperasi pada mata pelajaran ips kelas iv sd negeri gabus 3 kecamatan ngrampal kabupaten sragen tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13154/
work_keys_str_mv AT kusmiatiyuli penerapanmodelpembelajaranpracticerehearsalpairspraktekberpasanganuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswatentangkoperasipadamatapelajaranipskelasivsdnegerigabus3kecamatanngrampalkabupatensragentahunajaran20102011