PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTEK BERPASANGAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KOPERASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI GABUS 3 KECAMATAN NGRAMPAL KABUPATEN SRAGEN (Tahun Ajaran 2010 / 2011)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) tentang koperasi pada mata pelajaran IPS. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Gabus 3 yang berjumlah 16 siswa. Metode pen...
Tallennettuna:
Päätekijä: | |
---|---|
Aineistotyyppi: | Opinnäyte |
Kieli: | English English English English English English English English |
Julkaistu: |
2011
|
Aiheet: | |
Linkit: | https://eprints.ums.ac.id/13154/ |
Tagit: |
Lisää tagi
Ei tageja, Lisää ensimmäinen tagi!
|
Yhteenveto: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan
model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) tentang
koperasi pada mata pelajaran IPS. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas
IV SD Negeri Gabus 3 yang berjumlah 16 siswa. Metode pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, tes. Untuk menjamin
validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan
adalah triangulasi sumber dan metode. Teknik triangulasi sumber adalah teknik
pengumpulan data yang sejenis untuk memberikan kebenaran untuk memperoleh
kepercayaan terhadap suatu data dengan membandingkan data yang diperoleh dari
sumber yang berbeda yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Triangulasi metode
digunakan untuk mengumpulkan data yang sejenis tetapi menggunakan teknik
pengumpulan data yang berbeda misalnya observasi, dokumentasi, tes,
wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah bersifat deskriptif
kualitatif yang dianalisis melalui 3 alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan atau veriikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS tentang koperasi. Hal ini dapat
dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yang sebelumnya pada kondisi awal
hanya 57,81%. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 67,19%
(mengalami peningkatan sebesar 9,38%). Pada siklus II hasil belajar yang dicapai
sebesar 81,56% (mengalami peningkatan 14,37%). Penelitian ini menyimpulkan
bahwa penerapan model pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktek
Berpasangan) dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang koperasi. |
---|