PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI MASARAN IV TAHUN 2010/ 2011

Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan model picture and picture . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SD Negeri Masaran IV, dengan subjek guru deng...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KUSUMANINGRUM , ERVIAN
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13153/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995804344090624
author KUSUMANINGRUM , ERVIAN
author_facet KUSUMANINGRUM , ERVIAN
author_sort KUSUMANINGRUM , ERVIAN
collection ePrints
description Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan model picture and picture . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SD Negeri Masaran IV, dengan subjek guru dengan siswa kelas V. Jumlah siswanya adalah 30 siswa dengan rincian 14 laki-laki dan 16 perempuan. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah pembelajaran keterampilan menulis yang termasuk dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Proses penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yang meliputi empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, serta tahap analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri Masaran IV, Masaran, Sragen. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi tersebut ditandai dengan meningkatnya aktifitas belajar siswa: 1) siswa yang aktif dalam mengikuti pembelajaran; 2) siswa yang mengerjakan tugas sendiri; 3) siswa yang antusias menjawab soal; 4) siswa yang mengerjakan tugas menulis yang diberikan oleh guru dengan serius. Adapun peningkatan keterampilan menulis karangan narasi juga ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai batas ketuntasan, yaitu pada siklus I adalah 9 siswa dari 29 siswa (30%). Pada siklus II menjadi 20 siswa (66%) dan meningkat lagi pada siklus III, yaitu 25 siswa (83%).
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13153
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13153 https://eprints.ums.ac.id/13153/ PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI MASARAN IV TAHUN 2010/ 2011 KUSUMANINGRUM , ERVIAN L Education (General) Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan model picture and picture . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SD Negeri Masaran IV, dengan subjek guru dengan siswa kelas V. Jumlah siswanya adalah 30 siswa dengan rincian 14 laki-laki dan 16 perempuan. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah pembelajaran keterampilan menulis yang termasuk dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Proses penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yang meliputi empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, serta tahap analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri Masaran IV, Masaran, Sragen. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi tersebut ditandai dengan meningkatnya aktifitas belajar siswa: 1) siswa yang aktif dalam mengikuti pembelajaran; 2) siswa yang mengerjakan tugas sendiri; 3) siswa yang antusias menjawab soal; 4) siswa yang mengerjakan tugas menulis yang diberikan oleh guru dengan serius. Adapun peningkatan keterampilan menulis karangan narasi juga ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai batas ketuntasan, yaitu pada siklus I adalah 9 siswa dari 29 siswa (30%). Pada siklus II menjadi 20 siswa (66%) dan meningkat lagi pada siklus III, yaitu 25 siswa (83%). 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13153/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13153/2/BAB_I_new.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13153/3/BAB_II_new.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13153/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13153/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13153/7/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13153/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13153/12/lAMPIRAN_LENGKAP.pdf KUSUMANINGRUM , ERVIAN (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI MASARAN IV TAHUN 2010/ 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070085
spellingShingle L Education (General)
KUSUMANINGRUM , ERVIAN
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI MASARAN IV TAHUN 2010/ 2011
title PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI MASARAN IV TAHUN 2010/ 2011
title_full PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI MASARAN IV TAHUN 2010/ 2011
title_fullStr PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI MASARAN IV TAHUN 2010/ 2011
title_full_unstemmed PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI MASARAN IV TAHUN 2010/ 2011
title_short PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI MASARAN IV TAHUN 2010/ 2011
title_sort peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui model picture and picture dalam mata pelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas v sekolah dasar negeri masaran iv tahun 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13153/
work_keys_str_mv AT kusumaningrumervian peningkatanketerampilanmenuliskarangannarasimelaluimodelpictureandpicturedalammatapelajaranbahasaindonesiapadasiswakelasvsekolahdasarnegerimasaranivtahun20102011