PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 2 Karanganom Pokok Bahasan Segiempat)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode cooperative script. Dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian ini di SMP Negeri 2 Karanganom. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13146/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam
pembelajaran matematika melalui metode cooperative script. Dalam penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian ini di SMP Negeri
2 Karanganom. Sebagai subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B yang
berjumlah 40 siswa dan subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan guru
matematika kelas VII B. Metode pengumpulan data adalah observasi, catatan
lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan tehnik
triangulasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang
terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini adalah: ada peningkatan keaktifan siswa melalui metode
cooperative script. Hal ini dilihat dari aspek a). Aktif menanyakan materi yang
belum jelas kepada guru dari sebelum tindakan 7,5% meningkat menjadi 52,5%
pada akhir tindakan; b). Mengemukakan pendapat/tanggapan saat proses belajar
mengajar dari sebelum tindakan 10% meningkat menjadi 50% pada akhir
tindakan; c). Menjawab pertanyaan guru/mengerjakan soal-soal latihan kedepan
kelas dari sebelum tindakan 7,5% meningkat menjadi 62,5% setelah tindakan.
Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapakan metode cooperative script
dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran matematika pada
pokok bahasan segiempat. |
---|