PEMETAAN BUTIR SOAL DALAM KAITANNYA DENGAN KETERCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 3 COLOMADU
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) memaparkan pemetaan butir soal semester gasal mata pelajaran bahasa Indonesia terhadap Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar kelas VIII di SMPN 3 Colomadu, (2) mengidentifikasi validitas butir soal semester gasal mata pelajaran bahasa indonesia kelas V...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13107/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) memaparkan pemetaan butir soal
semester gasal mata pelajaran bahasa Indonesia terhadap Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar kelas VIII di SMPN 3 Colomadu, (2) mengidentifikasi
validitas butir soal semester gasal mata pelajaran bahasa indonesia kelas VIII
SMP Negeri 3 Colomadu, dan (3) memaparkan ketercapaian tujuan pembelajaran
butir soal semeter gasal mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 3
Colomadu.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMPN 3 Colomadu Karanganyar. Bentuk
penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif berkaitan dengan identifikasi
terhadap soal ujian semester gasal kelas VIII mata pelajaran bahasa Indonesia.
Sumber data dalam penelitian ini berupa soal ujian, kunci jawaban, jadwal ujian,
hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data penelitian berupa hasil ujian
kelas VIII B. Teknik analisis data meliputi pengklasifikasian data, sintesis data,
dan membuat kesimpulan dari data yang diperoleh. Data yang dikumpul dianalisis
dipetakan berdasarkan SK dan KD, validitas, serta ketercapaian tujuan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, soal Ujian Semester Gasal
(UAS) bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 3 Colomadu memiliki kesesuaian
terhadap SK dan KD pada semester gasal. Akan tetapi, dalam persebaran soal, ada
39 butir soal memili relevansi langsung dengan kompetensi dalam SK dan KD,
dan sejumlah 16 butir soal memiliki relevansi tidak langsung dengan kompetensi
dalam SK dan KD. Kedua, berdasarkan penghitungan validitas pada signifikasi
5%, diketahui 17 butir soal valid dan 38 butir soal tidak valid. Ketiga, dari
ketercapaian tujuan pembelajaran terdapat 38 butir soal yang 17 butir soal yang
belum tercapai. Yang dimaksud tercapai adalah hasil persentase ketercapaian
tujuan pembelajaran berada di atas 60%. Yang dimaksud belum tercapai adalah
hasil persentase ketercapaian berada di bawah 60%. |
---|