PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RESENSI BUKU MENGGUNAKAN METODE STAD PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA MUHAMMADYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadyah 1 Surakarta dalam meresensi buku dan mengetahui peningkatan keterampilan menulis resensi buku pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadyah 1 Surakarta setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode...
Shranjeno v:
Glavni avtor: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Jezik: | English English English English English English English English |
Izdano: |
2011
|
Teme: | |
Online dostop: | https://eprints.ums.ac.id/13106/ |
Oznake: |
Označite
Brez oznak, prvi označite!
|
Izvleček: | Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan siswa kelas XI IPA 1 SMA
Muhammadyah 1 Surakarta dalam meresensi buku dan mengetahui peningkatan
keterampilan menulis resensi buku pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadyah 1
Surakarta setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Student Teams
Achievement Divisions (STAD).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan
di SMA Muhammadyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas XI IPA 1. Data pada penelitian ini adalah (1) jawaban siswa tentang kemampuan
dalam menulis resensi buku, (2) peningkatan kemampuan menulis resensi buku
menggunakan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD). Data penelitian ini
diambil dengan cara observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) siswa mampu menulis resensi buku dengan baik
sesuai dengan prinsip-prinsip meresensi, (2) peningkatan keterampilan menulis resensi bukiu
setelah menggunakan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD). Hal ini dapat
dilihat dari nilai rata-rata kelas siswa pada kondisi awal diperoleh nilai rata-rta sebesar 51,16,
siklus I meningkat menjadi 61, dan pada siklus II meningkat menjadi 67,51. Ketuntasan nilai
yang ditentukan adalah 67. Hasil keterampilan menulis resensi pada siklus I 59,45%,
sedangkan pada siklus II 67,51%, dari hasil tersebut ada peningkatan keterampilan menulis
resensi sebesar 8, 06%. |
---|