PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RESENSI BUKU MENGGUNAKAN METODE STAD PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA MUHAMMADYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadyah 1 Surakarta dalam meresensi buku dan mengetahui peningkatan keterampilan menulis resensi buku pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadyah 1 Surakarta setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SETYOWATI , EKI FAJAR NUR
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13106/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadyah 1 Surakarta dalam meresensi buku dan mengetahui peningkatan keterampilan menulis resensi buku pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadyah 1 Surakarta setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1. Data pada penelitian ini adalah (1) jawaban siswa tentang kemampuan dalam menulis resensi buku, (2) peningkatan kemampuan menulis resensi buku menggunakan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD). Data penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) siswa mampu menulis resensi buku dengan baik sesuai dengan prinsip-prinsip meresensi, (2) peningkatan keterampilan menulis resensi bukiu setelah menggunakan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD). Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas siswa pada kondisi awal diperoleh nilai rata-rta sebesar 51,16, siklus I meningkat menjadi 61, dan pada siklus II meningkat menjadi 67,51. Ketuntasan nilai yang ditentukan adalah 67. Hasil keterampilan menulis resensi pada siklus I 59,45%, sedangkan pada siklus II 67,51%, dari hasil tersebut ada peningkatan keterampilan menulis resensi sebesar 8, 06%.