RELEVANSI SOAL SASTRA PADA UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2009/2010 DENGAN KTSP (SK DAN KD), MATERI PELAJARAN, METODE, DAN EVALUASI
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) memaparkan kesesuaian penerapan KTSP (SK dan KD), materi pelajaran, metode, dan evaluasi di MAN I Surakarta, (2) mendeskripsikan relevansi UN tahun pelajaran 2009/2010 dengan KTSP dan materi pelajaran di MAN I Surakarta. Jenis penelitian ini adalah...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/13105/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) memaparkan kesesuaian penerapan KTSP (SK
dan KD), materi pelajaran, metode, dan evaluasi di MAN I Surakarta, (2)
mendeskripsikan relevansi UN tahun pelajaran 2009/2010 dengan KTSP dan materi
pelajaran di MAN I Surakarta.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Objek penelitian ini adalah relevansi soal sastra
pada UN tahun pelajaran 2009/2010 dengan KTSP, materi pelajaran, metode, dan
evaluasi di MAN I Surakarta. Data penelitian kualitatif ini adalah butir soal sastra pada
UN tahun pelajaran 2009/2010, KTSP, materi pelajaran, metode, dan evaluasi di MAN
I Surakarta. Sumber data penelitian ini adalah guru, siswa, soal sastra pada UN tahun
pelajaran 2009/2010 dengan KTSP, materi pelajaran, metode, dan evaluasi di MAN I
Surakarta. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi partisipasi,
kuesioner (angket), dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan
analisis data di lapangan Model Miles and Huberman. Validitas data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah validitas internal. Penyajian hasil analisis data dalam
penelitian ini menggunakan teknik penyajian informal.
Hasil penelitian ini menyimpulkan: (1) Penerapan KTSP (SK dan KD) di MAN I
Surakarta dilihat dari SK dan KD yang diajarkan guru sesuai dengan SK dan KD yang
ada dalam KTSP. Walaupun ada beberapa SK dan KD yang cakupanya lebih luas atau
lebih sempit dari pada SK dan KD yaang telah ditetapkan dalam KTSP. (2) Materi
pelajaran yang digunakan guru bervariasi. Materi pelajaran menyesuaikan SK dan KD
apa yang diajarkan guru. (3) Metode pengajaran yang digunakan guru bervariasi,
sesuai dengan SK dan KD masing-masing. (4) Evaluasi yang digunakan guru juga
bervariasi, hal ini menyesuaikan SK dan KD apa yang sedang diajarkan. (5) Relevansi
soal sastra pada UN tahun pelajaran 2009/2010 dengan KTSP (SK dan KD) adalah
sesuai untuk keterampilan menulis dan membaca, karena semua soal baik paket 14
(soal A) mapun paket 47 (soal B) memilki payung SK dan KD.
|
---|