ANALISIS KELAS KATA DAN POLA KALIMAT PADA TULISAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TENTANG WATAK ANGGOTA KELUARGA
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kelas kata yang terdapat pada tulisan deskripsi siswa kelas IV SD tentang watak anggota keluarga, dan (2) menganalisis pola kalimat yang digunakan seorang siswa kelas IV SD dalam menulis deskripsi tentang watak anggota keluarga. Metode yang...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13104/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kelas kata yang terdapat
pada tulisan deskripsi siswa kelas IV SD tentang watak anggota keluarga, dan (2)
menganalisis pola kalimat yang digunakan seorang siswa kelas IV SD dalam
menulis deskripsi tentang watak anggota keluarga.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
kualitatif. Penelitian ini berbentuk deskriptif sebab tujuan penelitian ini
menggambarkan atau mendeskripsikan analisis kelas kata dan pola kalimat pada
tulisan deskripsi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah dengan teknik dokumentasi. Teknik pengumpulan
data dengan mengkaji dokumen yaitu menganalisis berdasarkan kelas kata dan
pola kalimat. Teknik analisis data penelitian ini mencakup tiga komponen, yaitu
reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan analisis data pada tulisan deskripsi siswa kelas IV SD tentang
watak anggota keluarga ditemukan hasil penelitian sebagai berikut. Kelas kata
yang banyak dijumpai yaitu nomina, verba, dan adjektiva. Karakteristik kelas kata
yang dihasilkan yaitu, (1) nomina bentuk dasar yang paling banyak muncul,
dengan karakteristik yaitu penyebutan nama diri orang, nama geografis, nama
suatu benda, dan orang yang masih mempunyai hubungan kekerabatan; (2) verba
turunan dengan prefiks meng- yang mendominasi pada tulisan deskripsi siswa; (3)
adjektiva bentuk waktu (kadang-kadang) dan sikap batin (sayang dan baik)
terdapat diseluruh tulisan siswa; (4) siswa lebih banyak menggunakan konjungtor
koordinatif yang berupa dan; (5) adverbia bentuk kata dasar ditemukan disemua
tulisan deskripsi, dan yang dominan digunakan yaitu kadang dan juga; (6)
preposisi bentuk dasar terdapat di semua tulisan deskripsi siswa, dan preposisi
yang sering muncul yaitu di; (7) numeralia bentuk pokok tentu paling banyak
pada tulisan siswa daripada numeralia bentuk pokok taktentu; (8) pronomina
persona I tunggal terdapat di seluruh tulisan deskripsi siswa, dan pronomina
persona yang banyak digunakan siswa adalah aku dan –ku; (9) interjeksi tidak
ditemukan pada tulisan deskripsi siswa; dan (10) kategori partikel penegas hanya
terdapat pada satu tulisan deskripsi siswa kelas IV SD yang berupa partikel -lah. Pola kalimat pada tulisan deskripsi siswa kelas IV SD diperoleh 62 pola kalimat
dari 198 kalimat yang dianalisis berdasarkan struktur kalimat. Adapun pola
kalimat yang dominan yaitu SPK. Kalimat yang mereka susun berupa kalimat
tunggal, di samping kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat.
|
---|