KATA ASING DAN KATA GAUL DALAM IKLAN KECANTIKAN PADA MAJALAH ANEKA YESS!!EDISI JANUARI–FEBRUARI 2011

Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi bentuk pemakaian kata asing dan kata gaul dan mengetahui peranan kata asing dan kata gaul pada iklan kecantikan majalah Aneka Yess!! Edisi Januari-Februari 2011. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode padan dan metode agih. Metode padan adala...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: UTAMI, OKTIANA BUDI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13099/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995790137982976
author UTAMI, OKTIANA BUDI
author_facet UTAMI, OKTIANA BUDI
author_sort UTAMI, OKTIANA BUDI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi bentuk pemakaian kata asing dan kata gaul dan mengetahui peranan kata asing dan kata gaul pada iklan kecantikan majalah Aneka Yess!! Edisi Januari-Februari 2011. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode padan dan metode agih. Metode padan adalah metode yang alat penentunya di luar bahasa, terlepas, dan tidak menjadi bagian dari bahasa yang bersangkutan. Metode padan yang digunakan adalah metode subjenis referensial. Metode agih adalah metode yang alat penentunya justru bagian dari bahasa itu sendiri. Alat penentu metode ini berupa bagian atau unsur dari bahasa objek sasaran penelitian itu sendiri, seperti kata, fungsi sintaksis, klausa, silabe kata, titinada, dan lain-lain Hasil analisis kata asing dan kata gaul dalam iklan kecantikan pada majalah Aneka Yess!! Edisi Januari–Februari 2011 menunjukkan bahwa terdapat 149 kata asing dan 29 kata gaul. Bentuk pemakaian kata asing berupa bahasa Inggris yang ditemukan sebanyak 143 buah diklasifikasikan sesuai dengan kelas katanya, yaitu berbentuk kata sebanyak 55 buah antara lain 9 kata kerja, 11 kata sifat, 34 kata benda, dan 1 kata seru. Berbentuk frasa sebanyak 83 buah antara lain 72 frasa nominal, 4 frasa verbal, 3 frasa numeral, 4 frasa adjektiva dan berbentuk klausa sebanyak 5 buah. Bentuk pemakaian kata asing berupa bahasa Latin diklasifikasikan sesuai dengan kelas katanya, yaitu berbentuk kata sebanyak 2 buah berupa kata benda dan berbentuk kata hibrida sebanyak 4 buah berupa kata benda. Adapun kata gaul diklasifikasikan sesuai dengan kelas katanya, yaitu berupa kata sebanyak 29 buah antara lain 4 kata benda, 9 kata kerja, 1 kata hubung, 8 kata adverbial, 1 kata ganti, 5 kata sifat, dan 1 kata pronomina. Peranan kata asing dan kata gaul dalam iklan memiliki peran yang cukup penting. Kata asing dan kata gaul merupakan kata-kata yang sering diucapkan atau didengar oleh remaja ketika berkomunikasi. Kata asing dan kata gaul yang sering didengar dan diucapkan oleh remaja. Penggunaan kata asing dalam bentuk bahasa Inggris sebanyak 143 buah lebih banyak dibanding dengan bahasa Latin sebanyak 6 buah, sedangkan untuk kata gaul dalam bentuk bahasa daerah sebayak 9 buah lebih sedikit dibanding dengan bahasa baku yang diubah imbuhannya atau dihilangkan salah satu hurufnya sebanyak 20 buah.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13099
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13099 https://eprints.ums.ac.id/13099/ KATA ASING DAN KATA GAUL DALAM IKLAN KECANTIKAN PADA MAJALAH ANEKA YESS!!EDISI JANUARI–FEBRUARI 2011 UTAMI, OKTIANA BUDI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi bentuk pemakaian kata asing dan kata gaul dan mengetahui peranan kata asing dan kata gaul pada iklan kecantikan majalah Aneka Yess!! Edisi Januari-Februari 2011. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode padan dan metode agih. Metode padan adalah metode yang alat penentunya di luar bahasa, terlepas, dan tidak menjadi bagian dari bahasa yang bersangkutan. Metode padan yang digunakan adalah metode subjenis referensial. Metode agih adalah metode yang alat penentunya justru bagian dari bahasa itu sendiri. Alat penentu metode ini berupa bagian atau unsur dari bahasa objek sasaran penelitian itu sendiri, seperti kata, fungsi sintaksis, klausa, silabe kata, titinada, dan lain-lain Hasil analisis kata asing dan kata gaul dalam iklan kecantikan pada majalah Aneka Yess!! Edisi Januari–Februari 2011 menunjukkan bahwa terdapat 149 kata asing dan 29 kata gaul. Bentuk pemakaian kata asing berupa bahasa Inggris yang ditemukan sebanyak 143 buah diklasifikasikan sesuai dengan kelas katanya, yaitu berbentuk kata sebanyak 55 buah antara lain 9 kata kerja, 11 kata sifat, 34 kata benda, dan 1 kata seru. Berbentuk frasa sebanyak 83 buah antara lain 72 frasa nominal, 4 frasa verbal, 3 frasa numeral, 4 frasa adjektiva dan berbentuk klausa sebanyak 5 buah. Bentuk pemakaian kata asing berupa bahasa Latin diklasifikasikan sesuai dengan kelas katanya, yaitu berbentuk kata sebanyak 2 buah berupa kata benda dan berbentuk kata hibrida sebanyak 4 buah berupa kata benda. Adapun kata gaul diklasifikasikan sesuai dengan kelas katanya, yaitu berupa kata sebanyak 29 buah antara lain 4 kata benda, 9 kata kerja, 1 kata hubung, 8 kata adverbial, 1 kata ganti, 5 kata sifat, dan 1 kata pronomina. Peranan kata asing dan kata gaul dalam iklan memiliki peran yang cukup penting. Kata asing dan kata gaul merupakan kata-kata yang sering diucapkan atau didengar oleh remaja ketika berkomunikasi. Kata asing dan kata gaul yang sering didengar dan diucapkan oleh remaja. Penggunaan kata asing dalam bentuk bahasa Inggris sebanyak 143 buah lebih banyak dibanding dengan bahasa Latin sebanyak 6 buah, sedangkan untuk kata gaul dalam bentuk bahasa daerah sebayak 9 buah lebih sedikit dibanding dengan bahasa baku yang diubah imbuhannya atau dihilangkan salah satu hurufnya sebanyak 20 buah. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13099/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13099/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13099/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13099/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13099/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13099/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13099/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13099/8/LAMPIRAN.pdf UTAMI, OKTIANA BUDI (2011) KATA ASING DAN KATA GAUL DALAM IKLAN KECANTIKAN PADA MAJALAH ANEKA YESS!!EDISI JANUARI–FEBRUARI 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A310060286
spellingShingle L Education (General)
UTAMI, OKTIANA BUDI
KATA ASING DAN KATA GAUL DALAM IKLAN KECANTIKAN PADA MAJALAH ANEKA YESS!!EDISI JANUARI–FEBRUARI 2011
title KATA ASING DAN KATA GAUL DALAM IKLAN KECANTIKAN PADA MAJALAH ANEKA YESS!!EDISI JANUARI–FEBRUARI 2011
title_full KATA ASING DAN KATA GAUL DALAM IKLAN KECANTIKAN PADA MAJALAH ANEKA YESS!!EDISI JANUARI–FEBRUARI 2011
title_fullStr KATA ASING DAN KATA GAUL DALAM IKLAN KECANTIKAN PADA MAJALAH ANEKA YESS!!EDISI JANUARI–FEBRUARI 2011
title_full_unstemmed KATA ASING DAN KATA GAUL DALAM IKLAN KECANTIKAN PADA MAJALAH ANEKA YESS!!EDISI JANUARI–FEBRUARI 2011
title_short KATA ASING DAN KATA GAUL DALAM IKLAN KECANTIKAN PADA MAJALAH ANEKA YESS!!EDISI JANUARI–FEBRUARI 2011
title_sort kata asing dan kata gaul dalam iklan kecantikan pada majalah aneka yess edisi januari februari 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13099/
work_keys_str_mv AT utamioktianabudi kataasingdankatagauldalamiklankecantikanpadamajalahanekayessedisijanuarifebruari2011