PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENERAPKAN METODE PENGAJARAN KOLABORASI SISWA KELAS VIII MTS NEGERI PLUPUH TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan proses belajar dengan menggunakan metode kolaborasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VIII MTs Negeri Plupuh Tahun Pelajaran 2010/2011 dan mengetahui pelaksanaan metode kolaborasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dala...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13098/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan proses belajar
dengan menggunakan metode kolaborasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
siswa kelas VIII MTs Negeri Plupuh Tahun Pelajaran 2010/2011 dan mengetahui
pelaksanaan metode kolaborasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam
meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas VIII MTs Negeri Plupuh Tahun
Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian berbasis kelas dengan
jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi dua siklus. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode non tes yang meliputi
observasi dan wawancara serta dokumentasi.
Berdasarkananalisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan
metode kolaborasi dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada
siswa kelas VIII MTS Negeri Plupuh Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini
ditunjukkan dari hasil ketuntasan belajar siswa adalah 75%-100%. |
---|