PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP-UMS ANGKATAN 2008/2009

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP-...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: DEWI , RATNA LINGGA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13095/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995789052706816
author DEWI , RATNA LINGGA
author_facet DEWI , RATNA LINGGA
author_sort DEWI , RATNA LINGGA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP-UMS angkatan 2008/2009 yang berjumlah 179 mahasiswa. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 119 mahasiswa yang diambil dengan teknik probability sampling secara insidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 3,828 + 0,289X1 + 0,373.X2, artinya prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh pemanfaatan media pembelajaran dan kemandirian belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung sebesar 4.594 sehingga thitung > ttabel atau 4.594 > 1.980 (α = 0,05). (2) Kemandirian belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung sebesar 4.980 sehingga thitung > ttabel atau 4.980 > 1.980 (α = 0,05) (3) Pemanfaatan media pembelajaran dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP- UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008/009. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 42,666 lebih besar dari Ftabel (3,07) pada taraf signifikansi 5%. (4) Hasil perhitungan sumbangan efektif untuk variabel pemanfatan media pembelajaran terhadap prestasi sebesar 20,11%, dan variabel kemandirian belajar terhadap prestasi sebesar 22,29%. Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0.424, berarti 42.4% prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh variabel pemanfaatan media pembelajaran dan kemandirian belajar, sisanya sebesar 57.6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13095
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13095 https://eprints.ums.ac.id/13095/ PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP-UMS ANGKATAN 2008/2009 DEWI , RATNA LINGGA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP-UMS angkatan 2008/2009 yang berjumlah 179 mahasiswa. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 119 mahasiswa yang diambil dengan teknik probability sampling secara insidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 3,828 + 0,289X1 + 0,373.X2, artinya prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh pemanfaatan media pembelajaran dan kemandirian belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung sebesar 4.594 sehingga thitung > ttabel atau 4.594 > 1.980 (α = 0,05). (2) Kemandirian belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung sebesar 4.980 sehingga thitung > ttabel atau 4.980 > 1.980 (α = 0,05) (3) Pemanfaatan media pembelajaran dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP- UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008/009. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 42,666 lebih besar dari Ftabel (3,07) pada taraf signifikansi 5%. (4) Hasil perhitungan sumbangan efektif untuk variabel pemanfatan media pembelajaran terhadap prestasi sebesar 20,11%, dan variabel kemandirian belajar terhadap prestasi sebesar 22,29%. Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0.424, berarti 42.4% prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh variabel pemanfaatan media pembelajaran dan kemandirian belajar, sisanya sebesar 57.6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13095/1/ABSTRAK.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13095/2/BAB_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13095/3/BAB_2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13095/4/BAB_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13095/5/BAB_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13095/6/BAB_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13095/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13095/8/LAMPIRANN.pdf DEWI , RATNA LINGGA (2011) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP-UMS ANGKATAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070112
spellingShingle L Education (General)
DEWI , RATNA LINGGA
PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP-UMS ANGKATAN 2008/2009
title PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP-UMS ANGKATAN 2008/2009
title_full PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP-UMS ANGKATAN 2008/2009
title_fullStr PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP-UMS ANGKATAN 2008/2009
title_full_unstemmed PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP-UMS ANGKATAN 2008/2009
title_short PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP-UMS ANGKATAN 2008/2009
title_sort pengaruh pemanfaatan media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi fkip ums angkatan 2008 2009
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13095/
work_keys_str_mv AT dewiratnalingga pengaruhpemanfaatanmediapembelajarandankemandirianbelajarterhadapprestasibelajarmahasiswaprogramstudipendidikanakuntansifkipumsangkatan20082009