PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FKIP-UMS ANGKATAN 2008/2009
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP-...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/13095/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan
media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif dan populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP-UMS
angkatan 2008/2009 yang berjumlah 179 mahasiswa. Sampel dalam penelitian
adalah sebanyak 119 mahasiswa yang diambil dengan teknik probability sampling
secara insidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear
ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda
sebagai berikut Y = 3,828 + 0,289X1 + 0,373.X2, artinya prestasi belajar
mahasiswa dipengaruhi oleh pemanfaatan media pembelajaran dan kemandirian
belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1)
pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar
mahasiswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung sebesar 4.594
sehingga thitung > ttabel atau 4.594 > 1.980 (α = 0,05). (2) Kemandirian belajar
berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini terbukti berdasarkan
hasil perhitungan thitung sebesar 4.980 sehingga thitung > ttabel atau 4.980 > 1.980 (α
= 0,05) (3) Pemanfaatan media pembelajaran dan kemandirian belajar secara
bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa FKIP-
UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2008/009. Hal ini terbukti dari hasil
uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 42,666 lebih besar dari Ftabel (3,07) pada
taraf signifikansi 5%. (4) Hasil perhitungan sumbangan efektif untuk variabel
pemanfatan media pembelajaran terhadap prestasi sebesar 20,11%, dan variabel
kemandirian belajar terhadap prestasi sebesar 22,29%. Hasil perhitungan untuk
nilai R2
sebesar 0.424, berarti 42.4% prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh
variabel pemanfaatan media pembelajaran dan kemandirian belajar, sisanya
sebesar 57.6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.
|
---|