PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS VII DI SMP NEGERI I CEPOGO BOYOLALI 2010/2011

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa; 2) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang pengaruh media pembelajaran guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa; 3) Untuk me...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ERNAWATI , ERNAWATI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13093/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995788511641600
author ERNAWATI , ERNAWATI
author_facet ERNAWATI , ERNAWATI
author_sort ERNAWATI , ERNAWATI
collection ePrints
description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa; 2) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang pengaruh media pembelajaran guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa; 3) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan media pembelajaran guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cepogo Boyolali. Sampel diambil sebanyak adalah 39 orang siswa dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2 , dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 11,361 + 0,879X1 + 0,962X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh profesionalisme guru dan media pembelajaran guru. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa di SMP N 1 Cepogo Boyolali” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,632 > 2,028 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,012 dengan sumbangan efektif sebesar 18,032%; 2) Ada pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran guru terhadap prestasi belajar siswa di SMP N 1 Cepogo Boyolali ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,932 > 2,028 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,006 dengan sumbangan efektif sebesar 21,168%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru dan media pembelajaran guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMP N 1 Cepogo Boyolali ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 11,604 > 3,259 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,392. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,392 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh profesionalisme guru dan media pembelajaran guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa adalah sebesar 39,2%, sedangkan 60,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13093
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13093 https://eprints.ums.ac.id/13093/ PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS VII DI SMP NEGERI I CEPOGO BOYOLALI 2010/2011 ERNAWATI , ERNAWATI L Education (General) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang pengaruh profesionalisme guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa; 2) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang pengaruh media pembelajaran guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa; 3) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan media pembelajaran guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Cepogo Boyolali. Sampel diambil sebanyak adalah 39 orang siswa dengan teknik proporsional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2 , dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 11,361 + 0,879X1 + 0,962X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh profesionalisme guru dan media pembelajaran guru. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru terhadap prestasi belajar siswa di SMP N 1 Cepogo Boyolali” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,632 > 2,028 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,012 dengan sumbangan efektif sebesar 18,032%; 2) Ada pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran guru terhadap prestasi belajar siswa di SMP N 1 Cepogo Boyolali ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,932 > 2,028 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,006 dengan sumbangan efektif sebesar 21,168%; 3) Ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru dan media pembelajaran guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMP N 1 Cepogo Boyolali ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 11,604 > 3,259 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,392. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,392 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh profesionalisme guru dan media pembelajaran guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa adalah sebesar 39,2%, sedangkan 60,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13093/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13093/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13093/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13093/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13093/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13093/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13093/7/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13093/8/Lampiran-Lampiran.pdf ERNAWATI , ERNAWATI (2011) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS VII DI SMP NEGERI I CEPOGO BOYOLALI 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070074
spellingShingle L Education (General)
ERNAWATI , ERNAWATI
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS VII DI SMP NEGERI I CEPOGO BOYOLALI 2010/2011
title PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS VII DI SMP NEGERI I CEPOGO BOYOLALI 2010/2011
title_full PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS VII DI SMP NEGERI I CEPOGO BOYOLALI 2010/2011
title_fullStr PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS VII DI SMP NEGERI I CEPOGO BOYOLALI 2010/2011
title_full_unstemmed PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS VII DI SMP NEGERI I CEPOGO BOYOLALI 2010/2011
title_short PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PROFESIONALISME GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS VII DI SMP NEGERI I CEPOGO BOYOLALI 2010/2011
title_sort pengaruh persepsi siswa tentang profesionalisme guru dan media pembelajaran guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas vii di smp negeri i cepogo boyolali 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13093/
work_keys_str_mv AT ernawatiernawati pengaruhpersepsisiswatentangprofesionalismegurudanmediapembelajaranguruterhadapprestasibelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelasviidismpnegeriicepogoboyolali20102011