KREATIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI DALAM INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010 / 2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh yang signifikan yang ditimbulkan oleh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar IPS. 2) pengaruh yang signifikan yang ditimbulkan oleh partisipasi dalam interaksi edukatif terhadap prestasi belajar IPS. 3) pengaruh yang signifi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KURNIATI , ENDAH PUTRI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13091/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995787967430656
author KURNIATI , ENDAH PUTRI
author_facet KURNIATI , ENDAH PUTRI
author_sort KURNIATI , ENDAH PUTRI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh yang signifikan yang ditimbulkan oleh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar IPS. 2) pengaruh yang signifikan yang ditimbulkan oleh partisipasi dalam interaksi edukatif terhadap prestasi belajar IPS. 3) pengaruh yang signifikan yang ditimbulkan secara bersama-sama dari kreativitas belajar dan partisipasi dalam interaksi edukatif terhadap prestasi belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Karanganom. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Karanganom dengan julmah seluruhnya 180 siswa. Sampel diambil sebanyak 50 orang siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,026 > 2,012 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Partisipasi dalam interaksi edukatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,601 > 2,012 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 3) Kreativitas belajar dan Partisipasi dalam interaksi edukatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 24,742 > 3,195 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel kreativitas belajar memberikan sumbangan efektif 27,7%. dan variabel partisipasi dalam interaksi edukatif memberikan sumbangan efektif 23,6%, Jadi total sumbangan efektif adalah 51,3%, sedangkan sisanya 48,7% dipengaruhi oleh variabel lain.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13091
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13091 https://eprints.ums.ac.id/13091/ KREATIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI DALAM INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010 / 2011 KURNIATI , ENDAH PUTRI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh yang signifikan yang ditimbulkan oleh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar IPS. 2) pengaruh yang signifikan yang ditimbulkan oleh partisipasi dalam interaksi edukatif terhadap prestasi belajar IPS. 3) pengaruh yang signifikan yang ditimbulkan secara bersama-sama dari kreativitas belajar dan partisipasi dalam interaksi edukatif terhadap prestasi belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Karanganom. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Karanganom dengan julmah seluruhnya 180 siswa. Sampel diambil sebanyak 50 orang siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kreativitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,026 > 2,012 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Partisipasi dalam interaksi edukatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,601 > 2,012 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 3) Kreativitas belajar dan Partisipasi dalam interaksi edukatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 24,742 > 3,195 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel kreativitas belajar memberikan sumbangan efektif 27,7%. dan variabel partisipasi dalam interaksi edukatif memberikan sumbangan efektif 23,6%, Jadi total sumbangan efektif adalah 51,3%, sedangkan sisanya 48,7% dipengaruhi oleh variabel lain. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13091/1/02._Halaman_Depani.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13091/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13091/3/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13091/4/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13091/5/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13091/6/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13091/7/08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13091/8/09._LAMPIRAN.pdf KURNIATI , ENDAH PUTRI (2011) KREATIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI DALAM INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010 / 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070037
spellingShingle L Education (General)
KURNIATI , ENDAH PUTRI
KREATIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI DALAM INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title KREATIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI DALAM INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title_full KREATIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI DALAM INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title_fullStr KREATIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI DALAM INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title_full_unstemmed KREATIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI DALAM INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title_short KREATIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI DALAM INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010 / 2011
title_sort kreativitas belajar dan partisipasi dalam interaksi edukatif terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas viii sekolah menengah pertama negeri 3 karanganom tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13091/
work_keys_str_mv AT kurniatiendahputri kreativitasbelajardanpartisipasidalaminteraksiedukatifterhadapprestasibelajarilmupengetahuansosialpadasiswakelasviiisekolahmenengahpertamanegeri3karanganomtahunajaran20102011