KREATIVITAS BELAJAR DAN PARTISIPASI DALAM INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 KARANGANOM TAHUN AJARAN 2010 / 2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh yang signifikan yang ditimbulkan oleh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar IPS. 2) pengaruh yang signifikan yang ditimbulkan oleh partisipasi dalam interaksi edukatif terhadap prestasi belajar IPS. 3) pengaruh yang signifi...
Сохранить в:
Главный автор: | |
---|---|
Формат: | Диссертация |
Язык: | English English English English English English English English |
Опубликовано: |
2011
|
Предметы: | |
Online-ссылка: | https://eprints.ums.ac.id/13091/ |
Метки: |
Добавить метку
Нет меток, Требуется 1-ая метка записи!
|
Итог: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh yang signifikan
yang ditimbulkan oleh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar IPS. 2)
pengaruh yang signifikan yang ditimbulkan oleh partisipasi dalam interaksi
edukatif terhadap prestasi belajar IPS. 3) pengaruh yang signifikan yang
ditimbulkan secara bersama-sama dari kreativitas belajar dan partisipasi dalam
interaksi edukatif terhadap prestasi belajar IPS.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini
mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Karanganom. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Karanganom dengan julmah
seluruhnya 180 siswa. Sampel diambil sebanyak 50 orang siswa dengan teknik
random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear
ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien
regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif
dan sumbangan efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kreativitas belajar berpengaruh positif
dan signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung >
ttabel, yaitu 4,026 > 2,012 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2)
Partisipasi dalam interaksi edukatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap
prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,601 > 2,012
dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 3) Kreativitas belajar dan
Partisipasi dalam interaksi edukatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap
prestasi belajar IPS. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 24,742 > 3,195
dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel kreativitas
belajar memberikan sumbangan efektif 27,7%. dan variabel partisipasi dalam
interaksi edukatif memberikan sumbangan efektif 23,6%, Jadi total sumbangan
efektif adalah 51,3%, sedangkan sisanya 48,7% dipengaruhi oleh variabel lain.
|
---|