HUBUNGAN ANTARA KENAKALAN REMAJA DAN LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 MOJOSONGO TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kenakalan remaja dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mojosongo, hubungan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mojosongo, hubunganantara kenakalan remaja dan lingkunga...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13090/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara
kenakalan remaja dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3
Mojosongo, hubungan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar siswa
kelas VIII SMP Negeri 3 Mojosongo, hubunganantara kenakalan remaja dan
lingkungan keluarga dengan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3
Mojosongo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif.Penelitian ini
mengambil lokasi di SMP Negeri 3 Mojosongo.Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 247.Sampel yang digunakan
sebanyak 50 orang siswa dengan teknik proportional random sampling.Teknik
pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sebelum analisis data
dilakukan uji coba angket atau try out menggunakan uji validitas dan reliabilitas.
Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan uji linieritas
data.Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan
korelasi ganda.
Dari hasil analisis data untuk korelasi parsial menunjukkan bahwa rx1y
sebesar -0,454 dengan probabilitas sebesar 0,001 < 0,05, artinya bahwa kenakalan
remaja memiliki hubungan yang negatif dengan prestasi belajar. Dan untuk
variabel lingkungan keluarga rx2y sebesar 0,395 dengan probabilitas 0,005 < 0,05,
artinya bahwa lingkungan keluarga memiliki hubungan yang positif dan
signifikan dengan prestasi belajar. Sedangkan korelasi secara bersama-sama
antara kenakalan remaja dan lingkungan keluarga dengan prestasi belajar
diperoleh hasil sebesar 0,537 > 0,289 menunjukkan bahwa kanakalan remaja dan
lingkungan keluarga secara bersama-sama memiliki hubungan dengan prestasi
belajar. |
---|