IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL DRILLING DAN TALKING STICK TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Purwodadi Tahun Ajaran 2010/2011)

Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan adanya pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Snowball Drilling dan Talking Stick terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Purwodadi tahun ajaran 2010/2011. 2) Untuk mendiskripsikan adanya pengaruh m...

Full beskrivning

Sparad:
Bibliografiska uppgifter
Huvudupphovsman: VELAWATI , HARDYNA USI
Materialtyp: Lärdomsprov
Språk:English
English
English
English
English
English
English
English
Publicerad: 2011
Ämnen:
Länkar:https://eprints.ums.ac.id/13089/
Taggar: Lägg till en tagg
Inga taggar, Lägg till första taggen!
Beskrivning
Sammanfattning:Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan adanya pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Snowball Drilling dan Talking Stick terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Purwodadi tahun ajaran 2010/2011. 2) Untuk mendiskripsikan adanya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Purwodadi tahun ajaran 2010/2011. 3) Untuk mendiskripsikan adanya interaksi metode pembelajaran kooperatif tipe Snowball Drilling dan Talking Stick ditinjau dari motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Purwodadi tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimentasi. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Purwodadi tahun ajaran 2010/2011, sedangkan sampel kelas eksperimen dengan menggunakan metode Snowball Drilling dan kelas kontrol dengan menggunakan metode Talking Stick, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah cluster random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan. Hasil penelitian menggunakan α = 5% menunjukkan 1) “Ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran Snowball Drilling dan Talking Stick terhadap prestasi belajar ekonomi” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung > Ftabel sebesar 4,262 > 3,998 dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,043 < 0,05. 2) “Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung > Ftabel sebesar 26,329 > 3,148 dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,000 < 0,05. 3) “Ada interaksi antara metode pembelajaran Snowball Drilling dan Talking Stick ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi” tidak dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung > Ftabel sebesar 0,820 < 3,148 dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,445 > 0,05.