IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL DRILLING DAN TALKING STICK TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Purwodadi Tahun Ajaran 2010/2011)
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan adanya pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Snowball Drilling dan Talking Stick terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Purwodadi tahun ajaran 2010/2011. 2) Untuk mendiskripsikan adanya pengaruh m...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13089/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan adanya pengaruh
metode pembelajaran kooperatif tipe Snowball Drilling dan Talking Stick terhadap
prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Purwodadi tahun ajaran
2010/2011. 2) Untuk mendiskripsikan adanya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi
belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Purwodadi tahun ajaran 2010/2011. 3)
Untuk mendiskripsikan adanya interaksi metode pembelajaran kooperatif tipe Snowball
Drilling dan Talking Stick ditinjau dari motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi
siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Purwodadi tahun ajaran 2010/2011.
Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimentasi. Populasi pada penelitian ini
adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Purwodadi tahun ajaran 2010/2011,
sedangkan sampel kelas eksperimen dengan menggunakan metode Snowball Drilling dan
kelas kontrol dengan menggunakan metode Talking Stick, dengan teknik pengambilan
sampelnya adalah cluster random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes,
angket dan dokumentasi. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji
homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan.
Hasil penelitian menggunakan α = 5% menunjukkan 1) “Ada pengaruh yang
signifikan penggunaan metode pembelajaran Snowball Drilling dan Talking Stick
terhadap prestasi belajar ekonomi” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi
dua jalan diketahui bahwa Fhitung > Ftabel sebesar 4,262 > 3,998 dan nilai sig. atau
probabilitas sebesar 0,043 < 0,05. 2) “Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar
siswa terhadap prestasi belajar ekonomi” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis
variansi dua jalan diketahui bahwa Fhitung > Ftabel sebesar 26,329 > 3,148 dan nilai sig. atau
probabilitas sebesar 0,000 < 0,05. 3) “Ada interaksi antara metode pembelajaran
Snowball Drilling dan Talking Stick ditinjau dari motivasi belajar siswa terhadap prestasi
belajar ekonomi” tidak dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi dua jalan
diketahui bahwa Fhitung > Ftabel sebesar 0,820 < 3,148 dan nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,445 > 0,05. |
---|