PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN PENGULANGAN MATERI PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 02 GATAK, SUKOHARJO
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo; 2) pengaruh pengulangan materi pelajaran terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo; 3) pengaruh kesiapan...
محفوظ في:
المؤلف الرئيسي: | |
---|---|
التنسيق: | أطروحة |
اللغة: | English English English English English English English English |
منشور في: |
2010
|
الموضوعات: | |
الوصول للمادة أونلاين: | https://eprints.ums.ac.id/13088/ |
الوسوم: |
إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
|
_version_ | 1804995787150589952 |
---|---|
author | KUSNODO , KUSNODO |
author_facet | KUSNODO , KUSNODO |
author_sort | KUSNODO , KUSNODO |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kesiapan belajar
terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo; 2)
pengaruh pengulangan materi pelajaran terhadap prestasi belajar IPS pada siswa
kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo; 3) pengaruh kesiapan belajar dan
pengulangan materi pelajaran terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII
SMP N 2 Gatak, Sukoharjo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan
melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011 yang
berjumlah 226 siswa. Sampel diambil sebanyak 56 siswa dengan teknik Random
Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket.dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah
analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan
sumbangan relatif dan sumbangan efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kesiapan belajar berpengaruh positif
terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo.
Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,650 > 1,998 dan nilai signifikansi
< 0,05, yaitu 0,000. 2) Pengulangan materi pelajaran berpengaruh positif terhadap
prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo.
Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,530 > 1,998 dan nilai signifikansi
< 0,05, yaitu 0,014. 3) Kesiapan belajar dan pengulangan materi pelajaran
berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2
Gatak, Sukoharjo. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F)
diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 191,894 > 3,143 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu
0,000. 4) Variabel kesiapan belajar memberikan sumbangan efektif 60,13%.
Variabel pengulangan materi pelajaran memberikan sumbangan efektif 25,77%.
Dengan koefisien determinasi sebesar 0,859, arti dari koefisien ini adalah bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel kesiapan belajar dan pengulangan materi
pelajaran terhadap prestasi belajar adalah sebesar 85,9% sedangkan 14,1% lainnya
dipengaruhi oleh variabel lain. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13088 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13088 https://eprints.ums.ac.id/13088/ PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN PENGULANGAN MATERI PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 02 GATAK, SUKOHARJO KUSNODO , KUSNODO L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo; 2) pengaruh pengulangan materi pelajaran terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo; 3) pengaruh kesiapan belajar dan pengulangan materi pelajaran terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 226 siswa. Sampel diambil sebanyak 56 siswa dengan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket.dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kesiapan belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,650 > 1,998 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Pengulangan materi pelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,530 > 1,998 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,014. 3) Kesiapan belajar dan pengulangan materi pelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 191,894 > 3,143 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel kesiapan belajar memberikan sumbangan efektif 60,13%. Variabel pengulangan materi pelajaran memberikan sumbangan efektif 25,77%. Dengan koefisien determinasi sebesar 0,859, arti dari koefisien ini adalah bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel kesiapan belajar dan pengulangan materi pelajaran terhadap prestasi belajar adalah sebesar 85,9% sedangkan 14,1% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13088/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13088/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13088/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13088/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13088/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13088/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13088/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13088/8/LAMPIRAN.pdf KUSNODO , KUSNODO (2010) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN PENGULANGAN MATERI PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 02 GATAK, SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210060146 |
spellingShingle | L Education (General) KUSNODO , KUSNODO PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN PENGULANGAN MATERI PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 02 GATAK, SUKOHARJO |
title | PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN PENGULANGAN MATERI PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 02 GATAK, SUKOHARJO |
title_full | PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN PENGULANGAN MATERI PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 02 GATAK, SUKOHARJO |
title_fullStr | PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN PENGULANGAN MATERI PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 02 GATAK, SUKOHARJO |
title_full_unstemmed | PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN PENGULANGAN MATERI PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 02 GATAK, SUKOHARJO |
title_short | PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN PENGULANGAN MATERI PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 02 GATAK, SUKOHARJO |
title_sort | pengaruh kesiapan belajar dan pengulangan materi pelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran ips pada siswa kelas viii sekolah menengah pertama negeri 02 gatak sukoharjo |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13088/ |
work_keys_str_mv | AT kusnodokusnodo pengaruhkesiapanbelajardanpengulanganmateripelajaranterhadapprestasibelajarmatapelajaranipspadasiswakelasviiisekolahmenengahpertamanegeri02gataksukoharjo |