PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN PENGULANGAN MATERI PELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 02 GATAK, SUKOHARJO
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo; 2) pengaruh pengulangan materi pelajaran terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo; 3) pengaruh kesiapan...
Αποθηκεύτηκε σε:
Κύριος συγγραφέας: | |
---|---|
Μορφή: | Thesis |
Γλώσσα: | English English English English English English English English |
Έκδοση: |
2010
|
Θέματα: | |
Διαθέσιμο Online: | https://eprints.ums.ac.id/13088/ |
Ετικέτες: |
Προσθήκη ετικέτας
Δεν υπάρχουν, Καταχωρήστε ετικέτα πρώτοι!
|
Περίληψη: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh kesiapan belajar
terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo; 2)
pengaruh pengulangan materi pelajaran terhadap prestasi belajar IPS pada siswa
kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo; 3) pengaruh kesiapan belajar dan
pengulangan materi pelajaran terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII
SMP N 2 Gatak, Sukoharjo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan
melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VIII SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011 yang
berjumlah 226 siswa. Sampel diambil sebanyak 56 siswa dengan teknik Random
Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket.dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah
analisis regresi linear ganda, uji F, uji t, selain itu dilakukan pula perhitungan
sumbangan relatif dan sumbangan efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kesiapan belajar berpengaruh positif
terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo.
Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 5,650 > 1,998 dan nilai signifikansi
< 0,05, yaitu 0,000. 2) Pengulangan materi pelajaran berpengaruh positif terhadap
prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2 Gatak, Sukoharjo.
Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,530 > 1,998 dan nilai signifikansi
< 0,05, yaitu 0,014. 3) Kesiapan belajar dan pengulangan materi pelajaran
berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP N 2
Gatak, Sukoharjo. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F)
diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 191,894 > 3,143 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu
0,000. 4) Variabel kesiapan belajar memberikan sumbangan efektif 60,13%.
Variabel pengulangan materi pelajaran memberikan sumbangan efektif 25,77%.
Dengan koefisien determinasi sebesar 0,859, arti dari koefisien ini adalah bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel kesiapan belajar dan pengulangan materi
pelajaran terhadap prestasi belajar adalah sebesar 85,9% sedangkan 14,1% lainnya
dipengaruhi oleh variabel lain. |
---|