UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BERHITUNG PERMULAAN TAHAP KONSEP BILANGAN (Penelitian Tindakan Kelas Di TK Bendungan 2 Kelompok ”A” Kedawung, Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran melalui kegiatan permainan berhitung permulaan tahap konsep bilangan pada anak kelompok ”A” TK Bendungan 2 Kedawung, Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penerima tindakan adalah seluruh anak kelompok A TK Bend...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13076/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995783893712896 |
---|---|
author | Hastuti , Retno |
author_facet | Hastuti , Retno |
author_sort | Hastuti , Retno |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam
pembelajaran melalui kegiatan permainan berhitung permulaan tahap konsep
bilangan pada anak kelompok ”A” TK Bendungan 2 Kedawung, Sragen tahun
ajaran 2010/2011. Penerima tindakan adalah seluruh anak kelompok A TK
Bendungan 2 Kedawung, Sragen tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 26 anak.
Pelaksanaan tindakan adalah peneliti, sedangkan guru bertindak sebagai
kolaborator. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan,
dan dokumentasi. Analisis data secara deskiptif kualitatif dengan model alur yang
terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak secara
berarti dalam proses pembelajaran melalui permainan berhitung permulaan tahap
konsep bilangan. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan anak yang meliputi dua
indikator yaitu (Ka) ketepatan anak dalam kegiatan permainan berhitung
permulaan tahap konsep bilangan, untuk mencapai nilai 4 sebanyak 87.5% dari
jumlah anak dan (Kb) kecepatan anak dalam menyelesaikan atau memecahkan
masalah dalam permainan berhitung permulaan tahap konsep bilangan, untuk
mencapai nilai 4 sebanyak 87.5% dari jumlah anak. Sebelum adanya tindakan
nilai kreativitas rata-rata kelas (K=1.17), (Ka=0%) dan (Kb=0%), setelah
dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi (K=2.8), (Ka=30%) dan
(Kb=4%), pada siklus II meningkat menjadi (K=3.5), (Ka=54.5%) dan (Kb=75%),
di akhir tindakan yaitu pada siklus III menjadi(K=3.8), (Ka=88%) dan (Kb=88%).
Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan kegiatan permainan berhitung
permulaan tahap konsep bilangan dalam pembelajaran di TK dapat meningkatkan
kemampuan kognitif anak . |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13076 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13076 https://eprints.ums.ac.id/13076/ UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BERHITUNG PERMULAAN TAHAP KONSEP BILANGAN (Penelitian Tindakan Kelas Di TK Bendungan 2 Kelompok ”A” Kedawung, Sragen Tahun Ajaran 2010/2011) Hastuti , Retno L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran melalui kegiatan permainan berhitung permulaan tahap konsep bilangan pada anak kelompok ”A” TK Bendungan 2 Kedawung, Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penerima tindakan adalah seluruh anak kelompok A TK Bendungan 2 Kedawung, Sragen tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 26 anak. Pelaksanaan tindakan adalah peneliti, sedangkan guru bertindak sebagai kolaborator. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data secara deskiptif kualitatif dengan model alur yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui permainan berhitung permulaan tahap konsep bilangan. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan anak yang meliputi dua indikator yaitu (Ka) ketepatan anak dalam kegiatan permainan berhitung permulaan tahap konsep bilangan, untuk mencapai nilai 4 sebanyak 87.5% dari jumlah anak dan (Kb) kecepatan anak dalam menyelesaikan atau memecahkan masalah dalam permainan berhitung permulaan tahap konsep bilangan, untuk mencapai nilai 4 sebanyak 87.5% dari jumlah anak. Sebelum adanya tindakan nilai kreativitas rata-rata kelas (K=1.17), (Ka=0%) dan (Kb=0%), setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi (K=2.8), (Ka=30%) dan (Kb=4%), pada siklus II meningkat menjadi (K=3.5), (Ka=54.5%) dan (Kb=75%), di akhir tindakan yaitu pada siklus III menjadi(K=3.8), (Ka=88%) dan (Kb=88%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan kegiatan permainan berhitung permulaan tahap konsep bilangan dalam pembelajaran di TK dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak . 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13076/1/COVER_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13076/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13076/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13076/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13076/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13076/9/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13076/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13076/18/LAMPIRAN.pdf Hastuti , Retno (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BERHITUNG PERMULAAN TAHAP KONSEP BILANGAN (Penelitian Tindakan Kelas Di TK Bendungan 2 Kelompok ”A” Kedawung, Sragen Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A520081046 |
spellingShingle | L Education (General) Hastuti , Retno UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BERHITUNG PERMULAAN TAHAP KONSEP BILANGAN (Penelitian Tindakan Kelas Di TK Bendungan 2 Kelompok ”A” Kedawung, Sragen Tahun Ajaran 2010/2011) |
title | UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BERHITUNG PERMULAAN TAHAP KONSEP BILANGAN (Penelitian Tindakan Kelas Di TK Bendungan 2 Kelompok ”A” Kedawung, Sragen Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_full | UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BERHITUNG PERMULAAN TAHAP KONSEP BILANGAN (Penelitian Tindakan Kelas Di TK Bendungan 2 Kelompok ”A” Kedawung, Sragen Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_fullStr | UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BERHITUNG PERMULAAN TAHAP KONSEP BILANGAN (Penelitian Tindakan Kelas Di TK Bendungan 2 Kelompok ”A” Kedawung, Sragen Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_full_unstemmed | UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BERHITUNG PERMULAAN TAHAP KONSEP BILANGAN (Penelitian Tindakan Kelas Di TK Bendungan 2 Kelompok ”A” Kedawung, Sragen Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_short | UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BERHITUNG PERMULAAN TAHAP KONSEP BILANGAN (Penelitian Tindakan Kelas Di TK Bendungan 2 Kelompok ”A” Kedawung, Sragen Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_sort | upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan berhitung permulaan tahap konsep bilangan penelitian tindakan kelas di tk bendungan 2 kelompok a kedawung sragen tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13076/ |
work_keys_str_mv | AT hastutiretno upayameningkatkankemampuankognitifanakmelaluipermainanberhitungpermulaantahapkonsepbilanganpenelitiantindakankelasditkbendungan2kelompokakedawungsragentahunajaran20102011 |