UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI PERMAINAN BERHITUNG PERMULAAN TAHAP KONSEP BILANGAN (Penelitian Tindakan Kelas Di TK Bendungan 2 Kelompok ”A” Kedawung, Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran melalui kegiatan permainan berhitung permulaan tahap konsep bilangan pada anak kelompok ”A” TK Bendungan 2 Kedawung, Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penerima tindakan adalah seluruh anak kelompok A TK Bend...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hastuti , Retno
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13076/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran melalui kegiatan permainan berhitung permulaan tahap konsep bilangan pada anak kelompok ”A” TK Bendungan 2 Kedawung, Sragen tahun ajaran 2010/2011. Penerima tindakan adalah seluruh anak kelompok A TK Bendungan 2 Kedawung, Sragen tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 26 anak. Pelaksanaan tindakan adalah peneliti, sedangkan guru bertindak sebagai kolaborator. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data secara deskiptif kualitatif dengan model alur yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak secara berarti dalam proses pembelajaran melalui permainan berhitung permulaan tahap konsep bilangan. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan anak yang meliputi dua indikator yaitu (Ka) ketepatan anak dalam kegiatan permainan berhitung permulaan tahap konsep bilangan, untuk mencapai nilai 4 sebanyak 87.5% dari jumlah anak dan (Kb) kecepatan anak dalam menyelesaikan atau memecahkan masalah dalam permainan berhitung permulaan tahap konsep bilangan, untuk mencapai nilai 4 sebanyak 87.5% dari jumlah anak. Sebelum adanya tindakan nilai kreativitas rata-rata kelas (K=1.17), (Ka=0%) dan (Kb=0%), setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi (K=2.8), (Ka=30%) dan (Kb=4%), pada siklus II meningkat menjadi (K=3.5), (Ka=54.5%) dan (Kb=75%), di akhir tindakan yaitu pada siklus III menjadi(K=3.8), (Ka=88%) dan (Kb=88%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan kegiatan permainan berhitung permulaan tahap konsep bilangan dalam pembelajaran di TK dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak .