UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK DI BA AISYIYAH SEMBUNG BEKONANG MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Kemampuan berbahasa anak perlu ditingkatkan, sebab bahasa bukan sekedar pengucapan kata atau bunyi, tetapi merupakan suatu alat untuk mengekspresikan, menyatakan, menyampaikan, atau mengkomunikasikan pikiran, ide, maupun perasaan. Salah satu cara meningkatkan kemampuan berbahasa adalah deng...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUSPITANINGTYAS, DHENY
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13075/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995783618985984
author PUSPITANINGTYAS, DHENY
author_facet PUSPITANINGTYAS, DHENY
author_sort PUSPITANINGTYAS, DHENY
collection ePrints
description Kemampuan berbahasa anak perlu ditingkatkan, sebab bahasa bukan sekedar pengucapan kata atau bunyi, tetapi merupakan suatu alat untuk mengekspresikan, menyatakan, menyampaikan, atau mengkomunikasikan pikiran, ide, maupun perasaan. Salah satu cara meningkatkan kemampuan berbahasa adalah dengan bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak dengan menggunaan metode bercerita. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) disebut juga Classroom Action Research (CAR). Penelitian dilaksanakan selama 1 bulan di BA. Aisyiyah Sembung Bekonang Mojolaban Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok B yang berjumlah 18 anak: 9 laki-laki dan 9 perempuan. Serta guru yang berjumlah tiga orang. Data tentang kemampuan berbahasa dikumpulkan melalui observasi, sedangkan data metode pembelajaran bercerita dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Data dianalisis secara komparasi/perbandingan yaitu membandingkan antara kemampuan anak dari hasil penelitian dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa dengan metode bercerita melalui alat peraga langsung mampu meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia TK. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan presentase kemampuan berbahasa anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus III yakni sebelum tindakan 43,2%, siklus I mencapai 55,37%, siklus II mencapai 64,74%, dan siklus III mencapai 82,28%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13075
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13075 https://eprints.ums.ac.id/13075/ UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK DI BA AISYIYAH SEMBUNG BEKONANG MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011 PUSPITANINGTYAS, DHENY L Education (General) Kemampuan berbahasa anak perlu ditingkatkan, sebab bahasa bukan sekedar pengucapan kata atau bunyi, tetapi merupakan suatu alat untuk mengekspresikan, menyatakan, menyampaikan, atau mengkomunikasikan pikiran, ide, maupun perasaan. Salah satu cara meningkatkan kemampuan berbahasa adalah dengan bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak dengan menggunaan metode bercerita. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) disebut juga Classroom Action Research (CAR). Penelitian dilaksanakan selama 1 bulan di BA. Aisyiyah Sembung Bekonang Mojolaban Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok B yang berjumlah 18 anak: 9 laki-laki dan 9 perempuan. Serta guru yang berjumlah tiga orang. Data tentang kemampuan berbahasa dikumpulkan melalui observasi, sedangkan data metode pembelajaran bercerita dikumpulkan dengan observasi dan catatan lapangan. Data dianalisis secara komparasi/perbandingan yaitu membandingkan antara kemampuan anak dari hasil penelitian dengan indikator kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa dengan metode bercerita melalui alat peraga langsung mampu meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia TK. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan presentase kemampuan berbahasa anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus III yakni sebelum tindakan 43,2%, siklus I mencapai 55,37%, siklus II mencapai 64,74%, dan siklus III mencapai 82,28%. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13075/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13075/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13075/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13075/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13075/11/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13075/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13075/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13075/17/Halaman_Lampiran.pdf PUSPITANINGTYAS, DHENY (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK DI BA AISYIYAH SEMBUNG BEKONANG MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A520080311
spellingShingle L Education (General)
PUSPITANINGTYAS, DHENY
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK DI BA AISYIYAH SEMBUNG BEKONANG MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK DI BA AISYIYAH SEMBUNG BEKONANG MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK DI BA AISYIYAH SEMBUNG BEKONANG MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_fullStr UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK DI BA AISYIYAH SEMBUNG BEKONANG MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK DI BA AISYIYAH SEMBUNG BEKONANG MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_short UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK DI BA AISYIYAH SEMBUNG BEKONANG MOJOLABAN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_sort upaya meningkatkan kemampuan berbahasa melalui metode bercerita pada anak di ba aisyiyah sembung bekonang mojolaban sukoharjo tahun pelajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13075/
work_keys_str_mv AT puspitaningtyasdheny upayameningkatkankemampuanberbahasamelaluimetodeberceritapadaanakdibaaisyiyahsembungbekonangmojolabansukoharjotahunpelajaran20102011