UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN MENERAPKAN METODE SOSIODRAMA PADA KELOMPOK B-2 DI TK AISYIYAH PUCANGAN I KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan interpersonal anak dengan menerapkan metode sosiodrama. Kecerdasan interpersonal pada anak perlu ditingkatkan karena mempunyai peran penting dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam berhubungan dengan orang lain, oleh karena i...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/13074/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan
interpersonal anak dengan menerapkan metode sosiodrama. Kecerdasan interpersonal
pada anak perlu ditingkatkan karena mempunyai peran penting dalam kehidupan
sehari-hari terutama dalam berhubungan dengan orang lain, oleh karena itu perlu
diterapkan suatu metode pembelajaran yang tepat, menarik, dan menyenangkan.
Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal adalah dengan
menerapkan metode sosiodrama.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian
ini adalah anak didik kelompok B-2 di TK Aisyiyah Pucangan I Kartasura tahun
ajaran 2010/2011. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas.
Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak maupun untuk
mengetahui proses pembelajaran sosiodrama dikumpulkan melalui observasi, dan
catatan lapangan. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi. Data dianalisis
dengan tehnik komparasi/perbandingan, yaitu membandingkan antara hasil yang
dicapai oleh anak dengan indikator kinerja.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kecerdasan
interpersonal anak dengan menerapkan metode sosiodrama, yakni sebelum tindakan
38.25%, siklus I mencapai 60.19%, siklus II mencapai 73.50%, dan siklus III
mencapai 83.23%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode
sosiodrama dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak. Hal ini membuktikan
bahwa hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya. |
---|